10 Cara Mudah!! Mencuci Sepeda Motor “Agar Hasilnya Optimal”

teknikotomotif.com – Saat ini sepeda motor merupakan hal yang menjadi suatu kebutuhan sehari-hari kita untuk menjalankan aktifitas baik itu digunakan untuk kerja, nganter anak kesekolah dan kebutuhan yang lainnya. Hampir semua kalangan baik itu dikelas bawah menengah maupun kelas atas. Dengan berbagai varian motor yang diproduksi oleh pabrikan terkenal seperti Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki dan masih banyak lagi merek lainnya.

10 Cara Mudah!! Mencuci Sepeda Motor “Agar Hasilnya Optimal”

10 Cara Mudah!! Mencuci Sepeda Motor “Agar Hasilnya Optimal”

Saat ini perubahan cuaca yang tidak menentu antara hujan dan panas selalu silih berganti, terkadang membuat pemilik sepeda motor lalai dalam menjaga sepeda motornya tetap bersih maupun berkilau. Apabila harus setiap hari mendatangi tempat cuci motor hal ini pastinya akan sia-sia, kenapa tidak cuci sendiri !!

Dalam membersihkan sepeda motor sendiri sebenarnya bukan terkendala masalah waktu, melainkan terkadang antara tenag yang dikeluarkan dengan hasil cucian tidak sesuai yang dikehendaki atau diharapkan. Mungkin sebagian dari anda pernah mengalaminya, sudah capek-capek mencuci sepeda motor namun hasil yang didapat malah optimal.

Untuk proses dalam membersihkan atau mencuci sepeda motor memang di butuhkan sebuah pemahaman yang lebih, ada teknik atau cara yang tepat supaya hasil cucian pada sepeda motor hasilnya menjadi bersih dan berkilau.

Cara Mencuci Sepeda Motor

Nah berikut ini langkah-langkah bagaimana cara untuk membersihkan atau mencuci agar hasilnya menjadi optimal sesuai yang diharapkan simak ulasannya berikut ini.

  • Langkah awal yang perlu dilakukan yakni dengan mempersiapkan sabun pembersih atau shampoo pembersih khusus untuk mencuci sepeda motor, lalu tuangkan pada sebuah wadah ( ember ) dalam jumlah yang cukup. Kemudian isi ember tersebut dengan air hangat hingga busa mencapai bagian atas ember. Hal yang perlu diperhatikan yaitu hindari mencuci motor dengan menggunakan deterjen yang mengandung garam karena garam dapat mempercepat korosi dan menyebabkan warna pada bodi motor menjadi kusam.
  • Untuk langkah selanjutnya siram sepeda motor dengan air ke semua bagian sepeda motor.
  • Berikutnya cara mencuci sepeda motor dimulai dari membersihkan daerah sepeda motor yang sangat kotor yang cenderung pada daerah bagian roda, area mesin dan daerah rantai. Mengusap semua bagian dengan menggunakan lap, dengan sedikit dilonggarkan sehingga mudah untuk dibersihkan dengan sabun maupun air.
  • Lalu semprot pada bagian roda belakang, untuk membersihkan rantai lalu sambil memutar roda sehingga semua rantai menjadi bersih. Di pastikan juga roda disikat dengan menggunakan sikat khsus untuk membersihkannya. Jika dapat, masuk ke bagian suspensi untuk menggosok baik kotoran yang membandel yang mungkin memakan waktu yang terbilang cukup lama.
  • Selanjutnya dirasa sudah cukup bersih, maka beralihlah ke bagian area mesin. Semprot sambil disikat bila perlu, karena pada bagian bawah mesih juga merupakan area motor yang sering sekali kotor yang sangat berlebihan.
  • Setelah pada bagian arean mesin tersebut sudah cukup bersih maka barulah mencuci seluruh pada bagian bodi motor dengan membalurinya dengan menggunakan shampo pembersih, dipastikan menggunakan spon yang berbeda.
  • Dirasa pada bagian bodi yang dibersihkan sudah cukup, maka pada sepeda motor biarkan terlebih dahulu kurang lebih selama 5 menitan, hal ini untuk air mengering dengan sendirinya dan kemudian memindahkan motor ke tempat yang kering.
  • Setelah itu, ambillah kanebo untuk mengusap seluruh pada permukaan motor, supaya setiap kelembaban motor tidak tersisa. Diperhatikan pula pada bagian mesin yang terkadang masih tergenang air bekas cucian, juga harus dikeringkan hal ini untuk menghindari dari jamur.
  • Langkah berikutnya dengan menggunakan pelumas rantai atau chain lube tujuannya untuk melapisi rantai motor yang sudah dibersihkan tadi, dengan mengikuti petunjuk penggunaan.
  • Proses selanjuntnya langkah terakhir, saat motor benar-benar sudah kering, khususnya pada bagian bodi maka gunakanlah semir motor yang mengandung bahan silicon pada bodi motor anda, kemudian lap dengan menggunakan kain kering yang lembut hingga menjadi berkilau atau mengkilap.

Cukup Mudah Bukan !!!

Demikianlah pembahasan mengenai 10 Cara Mudah!! Mencuci Sepeda Motor “Agar Hasilnya Optimal” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

 

10 Cara Mudah!! Mencuci Sepeda Motor “Agar Hasilnya Optimal” | admin | 4.5