Klep Pada Sepeda Motor Anda Bocor!! Ini Cara Mudah Memperbaikinya

teknikotomotif.com – Salah satu yang sering terjadi kerusakan pada klep atau katup ialah dengan adanya kebocoran, hal yang demikian berdampak pada kompresi yang menjadi melemah. Untuk klep atau katup yang sering terjadi kebocoran yakni klep atau katup IN. Hal ini penyebab terjadinya karena ada kerak kotoran yang sudah menumpuk di manifold lubang IN akibat saringan udara yang tidak pernah di bersihkan atau di jaga perawatannya.

Klep Pada Sepeda Motor Anda Bocor!! Ini Cara Mudah Memperbaikinya

Klep Pada Sepeda Motor Anda Bocor!! Ini Cara Mudah Memperbaikinya

Hal yang sering terjadi kerusakan klep atau katup yang nyangkut banyak terjadi pada sepeda motor jenis matic. Misalnya seperti Yamaha Mio dan Honda Vario. Lalu bagaimanakah cara untuk memperbaiki masalah tersebut tanpa harus menyekir ulang ?? nah berikut tips dan triknya.

Cara Memperbaiki Klep Atau Katup Bocor

Dalam memperbaiki klep atau katup yang terjadi kebocoran, ada dua cara yang perlu anda lakukan diantaranya sebagai berikut :

Cara Pertama

Untuk cara yang pertama ini anda hidupkan terlebih dahulu sepeda motor anda dengan menggunakan kick starter dan kemudian pada posisi grip gas anda putar penuh. Selah berulang-ulang dengan penuh tenaga agar putaran yang dihasilkan cukup kencang. Nah pada saat terdengar mesin akan hidup namun berat maka anda jangan melepas grip gas tersebut. Tahan dahulu sehingga mesin meraung, lalu baru anda lepas dan biarkan untuk langsam.

Cara Kedua

Apabila cara yang pertama anda lakukan tidak berhasil, maka cara yang kedua yang harus anda lakukan sebagai berikut :

  • Terlebih dahulu anda harus membuka karburator
  • Kemudian anda membuka manifold IN
  • Maka akan terlihat posisi buka tutup katup, lalu aturlah posisi katup pada posisi menutup
  • Lalu masukanlah sedikit oli mesin ke lubang saluran klep atau anda dapat juga dengan menyemprotkan carburator cleaner
  • Kemudian coba anda selah mesin, semprot atau berikan oli mesin lagi secukupny hingga kompresi menjadi balik
  • Apabila sudah terasa sedikit tekanan kompresi, pasang kembali manifold dan karburator
  • Setelah itu anda buka dan kemudian bersihkan komponen busi setelah bersih lalu pasang kembali
  • Dan anda coba selah kembali dengan grip gas diputar sedikit penuh
  • Jika mesin hidup dan mengeluarkan asap putih dari pembuangan knalpot, hal itu tidak akan lama nanti juga akan hilang dengan sendirinya asap tersebut.

Dan apabila yang terdapat kebocoran pada klep atau katup EX maka langkah-langkah juga sama seperti diatas hanya saja yang dibuka ialah knalpot.

Demikianlah pembahasan mengenai Klep Pada Sepeda Motor Anda Bocor!! Ini Cara Mudah Memperbaikinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga :

 

Klep Pada Sepeda Motor Anda Bocor!! Ini Cara Mudah Memperbaikinya | admin | 4.5