Teknik Mudah Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

teknikotomotif.com – Dalam mengendarai roda dua ( sepeda motor ) meskipun terbilang kedengarannya mudah, namun ternyata masih banyak kalangan yang mempertanyakan bagaimana cara dalam mengendarai motor kopling. Pada dasarnya semua sepeda motor mempunyai kopling hanya saja untuk jenisnya berbeda-beda. Kopling merupakan sebuah perangkat yang ada didalam sepeda motor maupun mobil yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran dari engine ke transmisi.

Teknik Mudah Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

Teknik Mudah Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

Nah yang dimaksud dengan motor kopling yang  dibahas kali ini ialah motor yang menggunakan kopling manual ( ada handle kopling dibagian setang kemudi ). Untuk kopling manual ini kebanyakan di aplikasikan pada sepeda motor sport seperti Honda CBR, Yamaha Vixion, Kawasaki Ninja RR mono dan lain-lain.

Apabila pada sepeda motor bebek anda tinggal injak tuas transmisi saja ketika akan berpindah gigi, hal ini karena adanya kopling otomatis. Namun untuk kelemahannya banyak tenaga yang hilang dikopling otomatis tersebut. Nah maka dari itu semua sepeda motor sport menggunakan kopling manual sebagai alat pemindah daya. Bila anda akan berpindah gigi maka perlu memainkan tuas kopling yang ada di setang kemudi.
Selain itu perbedaan lainnya ialah pola pemindah gigi. Pada umumnya sepeda motor yang menggunakan kopling manual memiliki pola perpindahan gigi 1-N-2-3-4-5. Nah dalam pindah dari posisi netral ke gigi 1 gerakan tuas transmisi ke depan, untuk berpindah ke gigi 2 sampai 5 gerakan ke belakang.

Teknik Mudah Mengendarai Motor Kopling

Berikut ini langkah-langkah teknik mengendarai motor kopling simak ulasannya dibawah ini.

  • Langkah awal dengan putar kunci kontak pada posisi “ On ”.
  • Lalu lebih baiknya diposisikan terlebih dahulu tranmisi pada posisi netral dengan ditandai menyalakan lampu indicator ( biasanya berwarna hijau ) selanjutnya tekanlah tombil starter. Yang perlu untuk diperhatikan dalam menekan tombol starter ini jangan terlalu lama, maksimal hanya 3 detik. Karena apabila terlalu lama dapat menyebabkan aki menjadi tekor.
  • Selanjutnya untuk menjalankan motor masukan gigi tranmisi ke posisi gear 1, caranya tarik terlebih dahulu handle kopling lalu baru injak tuas tranmisi ke arah depan. Lalu tarik gas pelan-pelan sambil lepaskan kopling secara perlahan-lahan,,, jangan langsung dilepas,, pada saat melepaskan kopling pelan-pelan maka nanti motor terasa berjalan pelan,, nah kondisi seperti itu, anda mengimbangi dengan gas hingga motor akan berjalan lalu baru kopling dilepas total.
  • Hal yang demikian inilah kebanyakan orang yang baru belajar mengendarai motor kopling akan kesulitan. Saat akan berjalan biasanya melepaskan tuas kopling secara mendadak, yang akibatnya motor langsung mati.
  • Apabila kendaraan sudah berjalan maka mulailah untuk melepaskan tuas kopling. Setelah kendaraan berjalan kira-kira 10 km / jam maka lakukanlah penggantian ke gear no 2. Caranya dengan menekan tuas kopling dan injak tuas tranmisi ke belakang. Nah yang perlu diperhatikan ialah dalam menekan tuas kopling ini tekanlah secara penuh sehingga kopling benar-benar terpisah dari putaran mesin. Dengan melakukan demikian akan membuat pada part kampas kopling sepeda motor anda akan lebih awet. Untuk berpindah lagi ke gigi diatasnya lakukanlah dengan cara yang sama.
  • Nah apabila nada ingin berhenti, maka tariklah luas kopling dan kemudian lepaskan atau putar balik handle gas serta diiringi menekan tuas rem.
  • Setelah berhenti kembalikan gigi transmisi ke posisi 1, nah untuk memindah ke posisi netral ungkit tuas tranmisi ½ saja, apabila penuh maka akan kembali ke gear 2 lagi.
  • Setelah posisi gigi tranmisi ke posisi netral, anda boleh melepaskan tuas kopling dan kemudian memutar kunci kontak ke posisi “ Off ”.

Demikianlah pembahasan mengenai Teknik Mudah Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

Teknik Mudah Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula | admin | 4.5