Upgrade!! Honda Scoopy FI“Power Meningkat”

teknikotomotif.com – Motor Scoopy Fi keluaran dari pabrikan Honda terbilang banyak peminatnya. Motor ini dikhususkan bagi anda yang ingin berpenampilan ala retro. Motor Scoopy Fi yang berkapasitas 110 cc ini memang identik dengan gaya mengemudi yang santai serta tidak untuk kebut-kebutan. Namun Bagi anda yang hobinya mengotak atik salah satu menguprade tunggangannya mungkin itu solusi yang terbaik agar power menjadi meningkat.

Upgrade!! Honda Scoopy FI“Power Meningkat”

Upgrade!! Honda Scoopy FI“Power Meningkat”

Nah berikut ini cara yang dapat dilakukan agar power Honda Scoopy Fi menjadi meningkat simak ulasannya dibawah ini.

Perubahan Pada ( Silinder Block )

Supaya didapatkan dengan hasil pembakaran yang besar maka perlu untuk pembesaran pada bagian volume silindernya, piston bawaan diganti dengan piston milik kepunyaan Kawasaki Kaze yang memiliki ukuran diameter 54 mm. Supaya piston tersebut dapat masuk ke silinder tentu perlu melakukan bore up, tak harus besar cukup 54 mm saja maka volume silinder sudah menjadi 125 cc. Untuk jalur masuk udara, pada klep standar masik digunakan hanya saja untuk pernya ditarik sedikit supaya lebih keras.

Perubahan Pada ( CVT )

Tahapan berikutnya ke bagian sektor penerus daya, roller dengan berat 10 gram dan pully buatan TDR sudah dapat diaplikasikan. Per CVT asli dilepas dan kemudian diganti dengan kepunyaan kymco standar. Karena per CVT kymco lebih keras dan panjang.

Perubahan Pada ( Throttle Body )

Supaya asupan bahan bakar sesuai dengan kapasitas mesin, maka part yang lain juga perlu disesuaikan. Untuk Throttel Body dapat diganti dengan kepunyaan Honda Vario 125 serta Injector juga dapat diganti kepunyaan Honda CB 150R.

Perubahan Pada ( ECU )

Part ECU merupakan otak dari mesin yang telah menerapkan sistem Injeksi, karena beberapa part sudah mengalami perubahan maka ECU standar sudah tidak lagi sesuai dengan permintaan mesin. ECU ini bekerja dengan sensor-sensor yang ada di kendaraan. Supaya kinerja ECU tersebut dapat sesuai dengan kebutuhan mesin maka harus memanipulasi data dari sensor-sensor tersebut. Cara dengan memasang Piggy Back merek API Tech. untuk settingan AFR disetel di angka 13,2.

Perubahan Pada ( Noken AS )

Supaya proses pemasukan bahan bakar dan pengeluaran gas buang menjadi lancar makan pada part noken as juga perlu untuk disesuaikan. Untuk durasi nokea as dibuat 240 derajat, durasi ini masih aman untuk dapat digunakan harian.

Nah dari hasil yang didapat maka power yang tadinya standarnya 8.28 dk pada 8000 rpm naik menjadi 13.17 dk pada 8914 rpm. Selain itu untuk torsi standar yang tadinya hanya 8.32 Nm/5.500 rpm naik menjadi 12.5 Nm/8654 rpm.

Demikianlah pembahasan mengenai Upgrade!! Honda Scoopy FI“Power Meningkat” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

 

 

Upgrade!! Honda Scoopy FI“Power Meningkat” | admin | 4.5