Upgrade!! Honda Vario FI “Power Meningkat”

teknikotomotif.com – Bagi pencinta otomotif pastinya sudah tidak asing lagi dengan motor Vario FI yang satu ini yang keluaran dari pabrikan Honda. Motor yang mengusung mesin dengan kapasitas 110 cc dan telah menggunakan sistem Injeksi. Memiliki beberapa fitur terbarupun disematkan ke dalam Vario 110 FI. Yang salah satunya ialah ABS ( Answer Back System ) dengan fitur ini bagi pemiliki tinggal menekan tombol pada remote untuk mencari keberadaan motornya di areal yang luas seperti di tempat parkir. Hanya sekali tekan maka motor Honda Vario 110 FI tersebut akan menjawab dengan nada khusus dan kedipan lampu sein.

Upgrade!! Honda Vario FI “Power Meningkat”

Upgrade!! Honda Vario FI “Power Meningkat”

Bagi anda pengguna Honda Vario 110 FI yang hobinya mengotak atik motornya, mungkin sudah tidak tahan atau gatel ingin mengupgrade Honda Vario 110 FI Kesayangannya. Nah kali ini akan mengulasa bagaimana agar Honda Vario 110 FI bisa terdongkrak. Bila dilihat dari basis mesinnya Honda Vario 110 FI ini hampir sama dengan saudaranya yaitu Honda Beat FI. Oleh sebab itu part untuk pendukungnya pun tak jauh beda. Untuk mengupgrade Honda Vario 110 FI ada 3 Komponen yang perlu diganti agar mendongkrak tenaga motor tersebut !! untuk lebih jelasnya simak saja ulasannya berikut ini.

Komponen Yang Pertama ( Knalpot )

Supaya proses pembuangan dapat berjalan dengan sangat optimal maka diperlukan sebuah knalpot freeflow. Hal ini dapat digunakan atau memakai knalpot freeflow merk R9 yang dapat ditebus dengan biaya sekitar Rp 800 ribuan. Pada jenis knalpot ini berbahan full stainless steel dengan silencer yang berwarna pelangi. Untuk segi pemasangan tidak susah, cukup mudah karena tidak perlu untuk mengubah apapun.

Komponen Yang Kedua ( ECU )

Bagi sepeda motor yang bersistem Injeksi, untuk suplay bahan bakar sepenuhnya diatur oleh ECU. Oleh karena itu apabila anda memiliki budget lebih dapat mengganti ECU standar dengan ECU Aftermarket. Anda dapat mencoba ECU aRacer Mini dengan Harga Rp 2.6 Juta. Untuk segi pemasangan hanya tinggal lepas ECU yang asli atau bawaan standarnya dan kemudian langsung pasang ke ECU yang baru. Untuk kelebihan dari ECU ini ialah map adjusternya sehingga dapat distel sesuai dengan keinginan anda, ada 8 map yang dapat anda stel.

Komponen Yang Ketiga ( Koil )

 

Dalam proses pembakaran yang sempurna juga tidak dapat dilepaskan dari yang namanya sistem pengapian. Supaya sistem pengapian lebih maksimal dapat dilakukan dengan mengganti koil yang memiliki label Protec. Part yang satu ini sudah mengusung sistem TCI sehingga dapat diaplikasikan pada motor-motor yang berteknologi Injeksi. Untuk harga yang dibanderol berkisar Rp 190 ribu. Untuk segi pemasangan hanya tinggal menggantikan pada koil yang asli atau masih standarnya yang berada di bodi kanan dekat dengan rangka.

Dengan menggunakan ketiga komponen tersebut maka hasil yang didapatkan kenaikan tenaga dan torsi. Untuk lebih spesifiknya dapat mengetesnya dengan menggunakan Dynometer. Maka akan terlihat untuk tenaga pada Honda Vario 110 FI ialah 7,457 dk pada 7.600 rpm kemudian naik menjadi 8,035 dk pada 7.100 rpm. Sedangkan untuk Torsinya meningkat yang tadinya 7,638 Nm pada 6.000 rpm menjadi 8,976 Nm pada 6.400 rpm. Memang untuk mengganti dari ketiga komponen diatas sangat membutuhkan biaya yang terbilang tidak sedikit, namun bagi anda yang berdompet tebal hal demikian tentunya bukan menjadi masalah demi mengupgrade pada tunggangan kesayangannya.

Demikianlah pembahasan mengenai Upgrade!! Honda Vario FI “Power Meningkat” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Upgrade!! Honda Vario FI “Power Meningkat” | admin | 4.5