Perhatikan Kode!! Busi Iridium Untuk Harian “Wajib Baca”

teknikotomotif.com – Meskipun terbilang harganya yang begitu mahal untuk ukuran sebuah busi, tapi setelah mendengar nama Busi Iridium, seolah-olah seperti magnet atau terhipnotis untuk langsung membelinya. Dengan iming-iming percikan bunga api yang lebih bagus dan focus sampai umur busi pun jauh lebih lama jika dibandingkan dengan standarnya, hal ini menjadi membuat sebagian besar rider menjadi mabuk kepayang.
Perhatikan Kode!! Busi Iridium Untuk Harian “Wajib Baca”

Perhatikan Kode!! Busi Iridium Untuk Harian “Wajib Baca”

Namun tunggu dulu, anda jangan sembarang pilih busi iridium, hal yang penting untuk diperhatikanlah yakni kode. Nah berikut ini yang perlu diperhatikan, simak ulasannya dibawah ini.

Perhatikan Bahan Pada Iridium

Dipastikan untuk bahan pada iridium yang tertanam benar-benar asli. Untuk harga busi iridium ini biasanya di bandrol diatas 70 ribu rupiah, kalau ada yang kurang dari 50 ribu, lebiah jangan dipilih apalagi merknya tidak begitu jelas, lebih baik pilih platinum saja.

Perhatikan Kode Busi

Perhatikan juga kode angka yang tertera pada busi, bahkan iridium memiliki titik leleh yang paling tinggi jika dibandingkan dengan bahan busi yang lainnya. Hal ini otomatis jika dipakai pada sepeda motor yang memiliki kapasitas 150 cc ke bawah dimana pada ruang bakarnya memiliki suhu yang tidak tinggi bahan iridium belum akan mengeluarkan reaksi memerah.Apalagi jika di pakai busi dingin, maka bisa dipastikan busi iridium akan lebih cepat mati alias berumur pendek, jadi perhatikanlah kode businya. Misalnya kode busi di Denso ada IU20, IU22, IU24, IU27 dan konon ada juga IU30 untuk penggunaan yang eksrim banget. Bagi sepeda motor yang memiliki kapasitas mesin 150 cc ke bawah baik murni dari pabrikan atau bore up lebih baik pakai IU20 atau IU22. Bila pakai IU24 ke atas yang ada malah bermasalah kurang maksimal.

Perhatikan Peruntukannya

Perhatikan pula peruntukannya misal pada busi Denso, Ad IW24, IWF22, IU24, IUH24, IX24, IX24B, IUF22. Nah bila ingin lebih untuk mengetahui motor apa saja cek dibawah ini.

Nb :
  • Apabila dirasa kurang dingin atau terlalu dingin pada busi kode IU dapat saling tukar antar kode IU misalnya Honda Supra X 125 pakai busi IU20 masih kurang dingin businya maka dapat pakai busi IU24.
  • Apabila dirasa kurang dingin atau terlalu dingin, busi kode IW dapat saling tukar antar kode IW misalnya Suzuki TS100 pakai busi IW20 masih kurang dingin businya maka dapat pakai busi IW24.
Demikianlah pembahasan mengenai Perhatikan Kode!! Busi Iridium Untuk Harian “Wajib Baca” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂
Baca Juga:
Perhatikan Kode!! Busi Iridium Untuk Harian “Wajib Baca” | admin | 4.5