Tips Jitu Mengecat Motor Sendiri Secara Sederhana

teknikotomotif.com – Memiliki tampilan sepeda motor yang tetap terlihat kinclong atau mengkilat seperti waktu pertama kali beli hal ini memang merupakan dambaan bagi setiap pemilik sepeda motor dan juga merupakan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya tentunya.

Tips Jitu Mengecat Motor Sendiri Secara Sederhana

Tips Jitu Mengecat Motor Sendiri Secara Sederhana

Dengan seiringnya waktu usia pemakaian motor dan juga kondisi jalanan dan cara merawat motor itu sendiri sangat mempengaruhi kondisi pada tampilan motor tersebut. Terutama tampilan cat motor pada body motor yang terbuat dari bahan plastik, hal ini pastinya akan sangat mudah sekali dapat tergores atau baret malah bisa pudar warna catnya.

Tampilan bodi motor yang rusak atau baret-baret akibat tergores atau terjatuh memang hal ini sangat mengganggu dan kurang enak dipandang jadinya salah satu solusi bodi motor tersebut yakni dengan di cat ulang. Sebenarnya parktisnya kita bawa saja motor tersebut ke bengkel pengecatan minta di cat sesuai dengan keinginan kita, namun biayanya lumayan mahal.

Nah dalam hal ini supaya dapat menghemat biaya anda dapat mengecat sendiri motor anda dirumah tanpa anda harus membawanya ke bengkel pengecatan dan anda dapat menghemat puluhan atau bahkan meungkin ratusan ribu rupiah dan juga anda sekaligus belajar mengecat.

Tips Mengecat Motor Sendiri Secara Sederhana

Nah berikut ini beberapa Tips Mengecat Motor Sendiri Secara Sederhana untuk lebih jelasnya simak ulasannya dibawah ini.
  • Dengan melepas part bodi cover atau bagian-bagian motor lainnya yang akan di cat semisal sepakbor, cover lampu depan atau lainnya.
  • Kemudian dengan membersihkan part yang akan di cat tersebut dari kotoran ataupun minyak oli dengan cara dicuci hingga bersih, dapat menggunakan sabun colek ataupun sabun cuci piring kemudian keringkan dengan cara dijemur atau dilap kering.
  • Lalu ratakan dan haluskan permukaan part yang akan dicat dengan cara diampelas dengan menggunakan ampelas 800, lalu ampelas lagi dengan menggunakan ampelas 1500 supaya permukaan yang akan dicat lebih halus atau tidak kasar. Apabila terlihat ada baret-baret yang cukup dalam dapat didempul dahulu bagian tersebut sebelum diampelas atau dihaluskan.
  • Selanjutnya cuci kembali part tersebut atau dapat juga hanya dilap basah dengan campuran air dan sabun, hal ini untuk menghilangkan debu ampelas ataupun minyak yang nempel ketika proses pengampelasan. Lalu keringkan dengan cara dilap dengan menggunakan lap yang kering dan halus supaya tidak meninggalkan bercak bekas air, lalu jemur sebentar saja supaya tidak terlalu lembab dan siap untuk dicat.
  • Dengan semprotkan cat tersebut yang sudah diencerkan dengan thinner ke part tersebut sebagai cat dasar ( dapat menggunakan cat warna putih ataupun cat warna yang sama / cat warna pilihan anda, tapi untuk jarak pengecatan jangan terlalu dekat kurang lebih 25-30 cm hal ini supaya hasilnya cat tidak terlalu tebal, tapi tipis saja yang penting cat merata keseluruh bagian. Kemudian jemur hingga cukup kering lalu haluskan lagi permukaannya dengan menggunakan ampelas 1500.
  • Lalu semprotkan cat warna pilihan anda dimulai dari sisi kanan atas hingga sisi kiri atas ( bolak-balik naik-turun ) secara perlahan dan bertahap hingga cat menutupi semua bagian secara merata. Jarak pengecatan sedikit lebih dekat dibanding pengecatan pertama / dasar tadi, tergantung kencangnya angin dan banyaknya keluaran cat dari spraygun kurang lebih 15-25 cm. perlu untuk diperhatikan saat melakukan penyemprotan cat harus tetap konstan dan gerakan tangan juga harus konstan, tidak terlalu cepat ataupun lambat gerakannya dan juga jangan sampai gerakan tangan saat menyepray berhenti di tengah-tengah part yang dapat mengakibatkan cat menggumpal dan meler. Setelah semua part dirasa telah tertutup cat secara merata biarkan hingga setengah kering.
  • Semprotkan cat varnish / clear yang sudah diencerkan dengan thinner dan diberi sedikit hardener kesemua bagian part yang dicat tdai supaya warna hasil pengecatan tadi terlihat lebih gloss atau mengkilap, caranya hampir sama dengan cara di No 6. Hanya saja jarak pengecatanya agak lebih dekat lagi kurang lebih 15-20 cm supaya varnish / clear menutup semua bagian cat secara sempurna ( terlihat basah dan gloss / mengkilap ) selsai dan jemur sampai benar-benar kering.

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Jitu Mengecat Motor Sendiri Secara Sederhana semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:
Tips Jitu Mengecat Motor Sendiri Secara Sederhana | admin | 4.5