Ini Loh!! Oli Terbaik Untuk Motor Matic Injeksi “Wajib Baca”

teknikotomotif.com – Dalam memilih oli terbaik yang memiliki kualitas bagus untuk motor matic yang bermesin injeksi seperti Honda Beat FI, Yamaha Mio J, Suzuki Nex FI ataupun yang lainnya akan sangat menentukan dan juga sangat mempengaruhi besar terhadap kinerja mesin selama masa penggunaan atau pemakaiannya.

Ini Loh!! Oli Terbaik Untuk Motor Matic Injeksi “Wajib Baca”

Ini Loh!! Oli Terbaik Untuk Motor Matic Injeksi “Wajib Baca”

Dalam segi perawatan untuk motor matic memang mempunyai sedikit perbedaan dengan jensi motor yang lain khususnya pada sistem pelumasannya. Untuk motor matic yang ada saat ini pada umumnya yang menggunakan type kopling kering, sehingga pada bagian kopling tidak perlu lagi memerlukan oli ataupun pelumas anti slip kopling seperti yang biasa yang digunakan pada motor yang bertranmisi manual.

Dalam hal ini untuk perlu diketahui bahwa pada bagian mesin yang berhubungan dengan ruang bakar tetap membutuhkan sistem pelumasan yang berfungsi untuk meminimalisir gesekan pada semua komponen, serta untuk memindahkan panas dari ruang bakar yang untuk disebarkan keseluruh bagian mesin sehingga akan membantu berjalannya dalam proses pendinginan.

Tips Dalam Memilih Oli Atau Pelumas Yang Bagus Untuk Motor Matic

Untuk mengetahui fungsi oli sangatlah penting terhadap kinerja mesin, maka sudah pasti setiap pemilik kendaraan bermotor wajib memahami bagaimana cara untuk menentukan oli yang paling tepat untuk mesin motor anda.

Nah berikut ini beberapa cara yang bisa dijadikan untuk panduan dalam memilih oli sesuai dengan kriteria mesin motor matic itu sendiri, apa sajakah itu simak dibawah untuk lebih jelasnya.

  • Untuk motor matic itu sendiri cenderung memiliki ruang mesin yang begitu sempit, sehingga akan semakin baik bila menggunakan jenis oli yang lebih encer untuk dapat menjangkau bagian-bagian yang tersempit didalam ruang mesin serta memiliki zat aditif yang dapat mampu untuk membantu dalam mengatasi masalah panas pada mesin motor itu sendiri.
  • Oli motor matic yang bagus atau baik harus sanggup dalam mengurangi terjadinya gesekan yang berlebihan, dengan ini kualitas oli terbaik yang semestinya mempunyai aditif molybdenum yang akan membantu masalah ini sehingga kinerja mesin akan menjadi lebih ringan.
  • Dipastikan oli yang dipilih telah mempunyai sertifikat standar API dan Jaso yang artinya American Petroleum Institute ( API ) ialah lembaga yang secara resmi yang bertugas menguji dan memeriksa kualitas oli yang dipakai oleh negara-negara Eropa dan Amerika. Sedangkan untuk JASO ( Japanese Automotive Standar Association ) ialah sebuah lembaga yang berada di Jepang dan memiliki tugas untuk menguji kualitas oli yang digunakan untuk mesin-mesin di negaranya.
  • Dengan memperhatikan kode yang tertera pada kemasan dan apabila terdapat kode JASO MA artinya ini menandakan bahwa oli tersebut lebih direkomendasikan untuk mesin yang bertype kopling basah. Khusus mesin motor matic di pasaran Indonesia yang pada umumnya menggunakan kopling kering maka untuk memilik oli yang cocok tipe ini ialah yang berkode JASO MB.

Merek Oli Terbaik Untuk Motor Matic Honda, Yamaha Dan Suzuki

Ahm Oil

Oli dari produsen AHM OIL ini sudah menjadi rekomendasi dari pabrikan Honda sebagai pelumas mesin motor yang berlambang sayap tunggal yang termasuk Honda matic seperti Vario, Beat, Scoopy serta varian yang lainnya dan mempunyai ukuran kekentalan 10W-30 dengan kode JASO MB.
Dalam hal ini ada 2 Type oli yang sudah beredar dipasaran seperti SPX2 dan MPX2 yang masing-masing mempunyai kelebihan sendiri terhadap mesin untuk hasil kinerja dan performa khususnya motor matic.

Yamalube Matic

Khusus untuk mesin matic pabrikan Yamaha ini merekomendasikan untuk menggunakan Yamalube Matic Oil ( YMO ) dengan kekentalan 20W-40 Grade SJ. Type oli ini dapat dipakai untuk semua motor matic keluaran Yamaha mulai dari Mio series sampai Lexam atan varian lainnya.
Dan yanga kedua ialah Yamalube Power Matic Oli ( YPM ) yang memiliki kekentalan 10W-40 grade SL. Oli lebih cocok untuk dapat meningkatkan performa mesin seperti Yamaha Xeon ataupu mesin yang sudah mengalami optimasi ( Tune-up ) diluar standar.

Suzuki Genuine Oil ( SGO )

Pelumas mesin khusus matik yang berlambang S ini memiliki kemasanya ialah 0,8 liter dan memiliki Viskositas SAE 10W-40, SGO 4T Matic 10W-40. Api service SL JASO MB, diformulasikan untuk meotor yang berkopling kering ( Matic ). Untuk keunggulan pada oli ini sendiri yaitu :
  • Dapat mencegah pengendapan pada mesin.
  • Tahan oksidasi dan korosi.
  • Dapat melindungi terhadap keausan, mesin lebih tahan lama.
  • Untuk tarikan lebih ringan dan bahan bakar lebih hemat.
  • Synthetic technology dan friction modifier dan tidak perlu tambahan additive.
Demikianlah pembahasan mengenai Ini Loh!! Oli Terbaik Untuk Motor Matic Injeksi “Wajib Baca” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:
Ini Loh!! Oli Terbaik Untuk Motor Matic Injeksi “Wajib Baca” | admin | 4.5