[Simpel] Velg Racing Vs Jari-Jari “Kelebihan Dan Kekurangannya”

Velg Racing Vs Velg Jari-Jari – Untuk saat ini sudah begitu banyak pada pengguna sepeda motor yang dalam melakukan modifikasi pada motornya baik dalam menggunakan velg racing maupun dalam menggunakan jari-jari dan hal itu tentunya semuanya mempunyai ciri khas tersendiri dan juga memiliki kelebihan maupun kekurangan dari setiap masing-masingnya.
Velg Racing Vs Velg Jari-Jari

[Simpel] Velg Racing Vs Jari-Jari “Kelebihan Dan Kekurangannya”

Dalam memilih penggunaan velg racing maupun jari-jari tentunya hal ini berdasarkan selera dan juga desain yang ditawarkan supaya cocok dengan sepeda motor yang dimiliki oleh pemiliknya. Misalnya bagi pengguna motor V-xion suka dengan modif motor yang menggunakan velg racing lebar dengan yang belakang dengan ukuran 4.5 inci dan velg depan menggunakan ukuran 3.0 inci, sedangkan untuk ban pada ban belakang menggunakan Corsa Platinum 150/60-17 sedangkan pada ban bagian depan Corsa Platinum 110/60/17.

Untuk dipasaran Indonesia sendiri sudah banyak velg yang dijual berdasarkan jenisnya dalam hal ini terdapat 2 jenis yaitu Velg racing / palang atau dalam istilahnya yaitu Cast Wheel sedangkan untuk jenis yang kedua itu sendiri yaitu Velg jari-jari atau ruji atau dalam istilah lainnya yaitu Spoke Wheel.

Nah untuk kesempatan kali ini akan mengulas tentang kelebihan dan kekurang dari kedua Velg tersebut, apabila kita perhatikan terdapat perbedaan yang cukup mencolok yakni dari bentuk fisiknya tapi untuk fungsi masih sama yakni sebagai penahan berat beban keseluruhan body dan mesin motor tersebut. Kalau begitu kita membahas terlebih dahulu mengenai Velg jari-jari kemudian baru kita membahas pada Velg racing / Cast Wheel.

Velg Jari-Jari / Ruji ( Spoke Wheel )

Untuk Velg jenis ini ialah jari-jari atau ruji itu mempunyai bagian utama supaya bisa digunakan diantaranya yakni Velg, ruji / jari-jari dan tromol. Untuk jenis Velg yang satu ini biasanya digunakan pabrikan pada motor yang terbilang masih mengusung mesin 110 cc dan 125 cc atau di tahun 2009 an. Untuk Velg ruji atau jari-jari ini memiliki daya tahan yang lumayan cukup kuat untuk menerjang jalan yang tidak rata atau jalan yang banyak lubangnya.

Dalam hal ini karena kekuatan Velg yang tinggi maka Velg jenis ini juga banyak digunakan untuk balapan road race, off road dan juga motorcross. Untuk motor cross memang kebanyakan menggunakan Velg jari-jari hal ini dikarenakan memang medan yang akan dilalui kebanyakn yakni lumpur, bebatuan dan sebagainya sehingga dibutuhkan Velg yang kuat dan kokoh.

Apabila saat berkendara kemudian terjadi benturan keras dengan lubang yang cukup besar, kemungkinan yang akan terjadi pada Velg tersebut yakni bengkok saja pada bagian Velgnya tidak sampai patah ya meskipun ada juga yang patah tapi tergantung bahan pada Velg yang digunakan. Walaupun bengkok tapi masih dapat diperbaiki yakni dengan di press ulang dengan menggunakan mesin, maupun diganti Velg dengan yang baru. Selain kuat pada jenis Velg jari-jari ini juga memiliki bobot yang terbilang cukup ringan dari Velg racing, Nah itulah alasan dari beberapa pembalap road race menggunakan Velg jari-jari, apalagi ajang balap di trek lurus ( drag race ) maka dibutuhkan motor yang kencang dan enteng untuk dipacu dilintasan jalan yang lurus. Sedangkan bila anda ingin memasang ban tubeless di Velg jari-jari maka tidak dapat langsung dipasang melainkan anda perlu memodifikasi / diakali terlebih dahulu supaya dapat dipasang.

Sebagian dari pengguna motor ada yang berpendapat bahwa Velg dengan model ini kurang begitu keren dan juga mempunyai kekurangan yakni susah untuk mencucinya karena membutuhkan kesabaran dalam membersihkannya setiap ruji satu persatu, dan bila terlewat hal ini tentunya dapat terjadi karat apalagi kondisi musim hujan. Sedangkan apabila ingin mengganti satu set dan harus disetel ulang supaya dapat digunakan dalam hal ini tentunya lumayan cukup memakan waktu, untuk Velg jenis Spoke Wheel ini kurang stabil jika terjadi hard breaking maupun digunakan untuk selap selip/zig zag/maneuver selain itu juga pada bagian bearing atau laher lebih cepat oblak.

Hasil Kesimpulan :

Kelebihan Menggunakan Velg Jari-Jari / Ruji
  • Velg ini lebih ringan saat digunakan
  • Velg ini lebih kuat atau kokoh
  • Dalam membeli dapat diecer misalnya membeli rujinya, Velgnya atau tromolnya saja
  • Memiliki harga yang cukup terjangkau atau lebih murah
  • Dapat disetel ulang apabila terjadi kerusakan misalnya bengkok
Kekurangan Menggunakan Velg Jari-Jari / Ruji
  • Dapat kestabilan kurang begitu maksimal
  • Pada tampilan kurang begitu keren alias style kurang sporty “ tapi tergantung selera ”
  • Pada bearing boros karena Velg jenis jari-jari ini biasanya gampang rusak dibagian ini tapi hal ini tergantung pemakaian juga
  • Rawan terjadinya karatan apabila tidak benar-benar bersih dalam melakukan perawatan Velg jari-jari ini
  • Untuk kekurangan yang lainnya yakni susah dalam melakukan pencucian atau dalam membersihkan Velg jari-jari ini

Velg Racing ( Cast Wheel )

Yang selanjutnya mengenai Velg Racing untuk yang satu ini saat ini sudah banyak digunakan oleh produk-produk motor semua pabrikan motor. Velg ini banyak digunakan karena sangat praktis, untuk yang menggunakan Velg jari-jari pun lebih mudah kalau mengganti dengan yang baru karena gak serepot dengan Velg jari-jari. Anda cukup membeli unit Velg maka sudah dapat langsung di pasang di motor, sedangkan untuk Velg jari-jari anda perlu membeli ruji, tromol dan velgnya itu sendiri.

Pada Velg racing ini dalam bagian bearing tidak mudah aus, sehingga lebih awet ditambah lagi velg racing jenis ini lebih stabil apabila digunakan untuk bermanuver dan digunakan untuk hard breaking. Selain stabil velg jenis ini juga mempunyai tampilan yang cukup keren dan lebih mudah dalam perawatannya misalnya dalam pencucian velgnya.

Karena dalam segi kestabilan yang lebih baik sehingga Velg jenis ini banyak digunakan untuk ajang balap road race dan sirkuit sedangkan jika anda ingin menggunakan jenis ban tubeless maka tidak harus mengakali lagi karena tinggal pasang saja.

Namun dalam harga untuk velg ini terbilang cukup lumayan mahal jika dibandingkan dengan velg jenis jari-jari. Untuk segi kekuatan velg ini masih dibawah velg jari-jari itu artinya kekuatannya masih bagusan velg jari-jari. Nah pernahkan anda melihat velg racing tersebut hancur saat terjadi crash atau hancur yang disebabkan karena benturan yang keras. Nah apabila mengalami kerusakan pada velg racing maka tidak dapat diperbaiki lagi harus membeli yang baru, tapi jika mengalami kerusakan ringan maka masih dapat dipress. Dan selain itu juga velg racing ini memiliki bobot yang lebih berat jika dibandingkan dengan velg jari-jari.

Hasil Kesimpulan

Kelebihan Velg Racing / Cast Wheel
  • Pada velg ini memiliki tampilan yang keren
  • Dapat langsung dipasang menggunakan jenis ban tubeless
  • Memiliki kestabilan yang bagus
  • Praktis dalam pemasangan
  • Lebih mudah dalam melakukan segi perawatannya
  • Tidak murah cepat rusak untuk bagian bearingnya
Kekurangan Velg Racing / Cast Wheel
  • Untuk harga pada velg ini lebih mahal
  • Bobot velg ini lebih berat
  • Lebih rentan penyok apabila terkena lubang “ tergantung kualitas ”
  • Apabila velg penyok maka mau tidak mau haru diganti, apabila penyot dikit maka masih dapat di press tapi kalau sudah penyok besar maka tidak dapat di press
  • Tidak dapat di ecer alias kalau rusak beli satu set velg
Nah itu kelebihan dan kekurangan dari Velg jari-jari dan Velg racing !!

Demikianlah pembahasan mengenai [Simpel] Velg Racing Vs Jari-Jari “Kelebihan Dan Kekurangannya” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga :

[Simpel] Velg Racing Vs Jari-Jari “Kelebihan Dan Kekurangannya” | admin | 4.5