[100% Mudah] Cara Memilih, Air Radiator Yang Bagus

Air Radiator Yang Bagus – Dalam menjaga mesin kendaraan supaya tetap stabil pada suhu mesinya, yakni salah satu dasar dalam segi perawatan untuk kendaraan yang perlu anda ketahui. Pada mesin yang telag mengalami Overheat dapat mengakibatkan sebuah kendaraan tersebut akan menjadi mogok dan pada komponen kendaraan tersebut akan menjadi cepat mengalami kerusakan. Maka dari itu sangat membutuhkan cairan coolant untuk dapat mendinginkan mesin yang menggunakan sistem pendingin radiator.

Air Radiator Yang Bagus

[100% Mudah] Cara Memilih, Air Radiator Yang Bagus

Supaya mesin kendaraan tetap bekerja dengan cukup baik dan tetap optimal, maka anda harus tetap rajin dalam merawatnya dengan cara menguras radiator dan memilih cairan pendingin yang baik dan memiliki kualitas. Lalu bagaimana cara untuk memilih air radiator yang terbilang baik dan berkualitas.

Nah berikut ini tips dalam memilih air radiator yang terbaik dan berkualitas, untuk lebih jelasnya simak uraian dibawah ini.

Tips Memilih Air Radiator Yang Bagus

Ada beberapa tips dalam memilih air radiator yang bagus dan berkualitas diantaranya yaitu:

  • Pilihlah air radiator yang mengandung glycol dalam cairannya, karena kandungan glycol ini memiliki fungsi untuk dapat meningkatkan titik didih serta dapat menurunkan titik beku di coolant.
  • Pilihlah air radiator yang memiliki kandungan Propylena, hal ini pasalnya untuk air radiator yang kinerjanya optimal harus memiliki kandungan tersebut dengan kosentrat sebanyak 20 hingga 50 persen, anda juga dapat mengeceknya dengan menggunakan refraktometer.
  • Memiliki titik didih yang tinggi sehingga radiator dapat mampu bekerja dengan lebih lama dan lebih baik.
  • Berikutnya perbandingan harga dan fungsi coolant yang sesuai dengan kemampuan anda.
  • Pilihlah cairan coolant yang tidak dapat menimbulkan korosi dan endapan di saluran pendinginan.
  • Untuk warna pada cairan tidak memiliki pengaruh apapun, karena pada dasarnya coolant ialah air yang murni yang telah di tambah oleh kandungan glycol.

Pada ketika penyulingan dan juga zat adiktif yang telah ditambahkan dalam cairan coolant memiliki kualitas yang cukup baik, maka sebenarnya coolant yang tidak mengandung glycol tidak masalah, hal ini pasalnya di Indonesia ialah negara tropis yang tidak memerlukan adanya fitur anti freeze. Beda halnya apabila anda tinggal di luar negeri.

Selama anda dalam merawat radiator dengan baik, maka seharusnya cairan coolant mana pun yang anda gunakan untuk radiator kendaraan anda tidak terlalu masalah, akan tetapi kalau bisa hindari air ledeng hal ini karena pada air tersebut mengandung resiko yang sangat tinggi.

Jenis-Jenis Air Radiator

Berikut ini jenis-jenis air radiator yang dapat digunakan pada sistem pendinginan radiator yaitu:

  • Radiator Coolant.
  • Antifreeze dan Coolant Protector.
  • Radiator Super Coolant.

Demikianlah pembahasan mengenai [100% Mudah] Cara Memilih, Air Radiator Yang Bagus semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[100% Mudah] Cara Memilih, Air Radiator Yang Bagus | admin | 4.5