Motor Anda Berat Saat Berbelok!! Kemungkinan Komstir Anda Bermasalah “Ini Cara Memperbaikinya”

Cara Memperbaiki Komstir Motor – Pastinya anda pernah mengalami hal ini saat sedang berkendara yakni terasa berat saat berbelok. Sebenarnya apa sih masalahnya ?? dalam hal ini biasanya yang bermasalah yaitu pada komponen atau bagian komstir atau kom leher pada sepeda motor anda. Komponen tersebut terletak pada bagian leher kemudi, dan komponen tersebut juga terdiri dari dua bagian yakni bagian bawah dan bagian atas.
Cara Memperbaiki Komstir Motor

Motor Anda Berat Saat Berbelok!! Kemungkinan Komstir Anda Bermasalah “Ini Cara Memperbaikinya”

Nah apabila komstir atau kom leher anda mengalami kerusakan dapat di cirikan dengan pada stang terasa goyang atau terdapat bunyi benturan pada saat berkendara di jalan yang berlubang atau ada bunyi juga saat anda menekan rem depan.

Hal demikian tentu saja membuat tidak nyaman bagi pengendara. Sebenarnya jika anda belum pernah mengalami penyetelan ini dapat disetel lagi dengan mengencangkan mur setelannya yang berada di bawah segitiga dudukan stang dan untuk model motor sport dan dibawah stang untuk motor bebek.

Pada komstir yang selalu mengalami penyetelan biasanya akan terasa berat apabila anda hendak membelokkan kendaraan sepeda motor anda. Akan tetapi meskipun stang sudah berat untuk anda belokkan leher tetap saja longgar, hal tersebut bertanda jika di rem depan masih terdengar adanya suara bunyi “ duk ”. Nah jika anda dengar suara tersebut berarti longgar. Kondisi tersebut di karenakan akibat dari ball bearing yang sudah mengalami keausan, atau biasanya disebut dengan pelor.

Hal ini biasanya sering aus karena bagian tersebut bukan pada bagian dudukannya, nah bila anda hendak menggantinya disarankan untuk menggantinya dengan sperpart yang asli atau orginal, jangan menggunakan yang imitasi atau merek yang abal-abal karena akan sia-sia spertpart yang abal-abal tidak akan mampu untuk bertahan lama. Dan jika anda ingin mengakalinya ada cara yang mudah dan terbilang murah, berikut ini.

Cara Memperbaiki Komstir Yang Sudah Aus

Ada cara yang sudah dicoba misalnya pada motor Honda Tiger, kami tidak mengganti komstir motor saat ball bearing atau pelor komstir sudah mengalami aus, akan tetapi kami ganti ball bearing dengan part sepeda, cukup mudah anda tinggal pergi saja ke toko sepeda terdekat tempat anda tinggal tinggal beli ball bearing.

Nah dalam pemasangan komstir anda dapat ikuti langkah-langkah beriku ini.

  • Hal yang pertama yaitu dengan mengileskan terlebih dahulu stempel atau gemuk di dudukan pelor komstir.
  • Kemudian barulah anda menata pelor komstir sepeda di dudukan tersebut sampai penuh.
  • Dan selanjutnya abil satu biji atau kurangi satu biji saja dan pasang kembali. Untuk perlu diketahui bahwa hal tersebut tadi pemasangan yang berlaku untuk bagian atas dan bawah. Apabila sisanya masih banyak pelor atau ball bearing tersebut bisa untuk cadangan.

Demikianlah pembahasan mengenai Motor Anda Berat Saat Berbelok!! Kemungkinan Komstir Anda Bermasalah “Ini Cara Memperbaikinya” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan  bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga :

Motor Anda Berat Saat Berbelok!! Kemungkinan Komstir Anda Bermasalah “Ini Cara Memperbaikinya” | admin | 4.5