[Cukup Mudah] Cara Mengganti Air Radiator Motor Vixion

Cara Mengganti Air Radiator Motor Vixion – Air radiator merupakan cairan pendingin yang dibutuhkan bagi kendaraan seperti roda dua (sepeda motor) yang sudah menggunakan sistem teknologi liquid cooled, pada cairan ini sangat dibutuhkan mesin motor yang khususnya untuk kendaraan yang sudah mempunyai kapasitas mesin yakni 150 cc.

Cara Mengganti Air Radiator Motor Vixion

[Cukup Mudah] Cara Mengganti Air Radiator Motor Vixion

Dengan adanya radiator atau sistem pendingin air (liquid cooled) ini memiliki peran atau fungsi yang sangat penting yakni untuk menjaga dan menstabilkan kondisi suhu pada mesin motor tersebut sehingga suhu akan tetap menjadi stabil dan selalu terjaga pada kondisi mesin 90 derajat celcius. Untuk sistem pendingin pada sepeda motor ini terdapat 2 jenis yakni yang pertama dengan sistem pendingin udara dan sedangkan yang kedua dengan sistem pendingin yang berupa cairan.

Pada sepeda motor yang mengusung mesin berkapasitas mesin 150 cc untuk sistem pendinginnya yang digunakan ialah sistem pendingin berupa cairan dan hal demikian sudah di implementasikan pada sepeda motor Yamaha vixion.

Terkadang ada kalanya pengguna sepeda motor yang kurang memperhatikan cairan pendingin radiator ini atau orang biasa menyebutnya dengan cairan coolant, bahkan kondisi air sudah berkurang atau malah sudah mau habis, nah untuk cara perawatannya yakni terbilang sangat mudah anda dapat mengganti secara berkala setiap 9000 hingga 10.000 km.

Cara Mengganti Air Radiator Motor Vixion

Nah berikut ini, tahapan-tahapan cara mengganti air radiator pada Yamaha vixion, lebih memahami dan jelasnya simak saja ulasan dibawah ini.

Mempersiapkan Alat Yang Akan Digunakan

  • Mempersiapkan wadah atau tempat seperti nampan atau baskom kecil untuk wadah air coolantnya.
  • Mempersiapkan kunci Ring atau T 10.
  • Mempersiapkan Kunci L.
  • Mempersiapkan Obeng +
  • Dan yang terakhir cairan pendingin yang baru.

Tahapan Mengganti Air Radiator

Berikut ini tahapan dalam mengganti air radiator atau air coolant pada motor Yamaha vixion, untuk lebih jelasnya simak uraian dibawah ini.

  • Hal yang pertama yang dilakukan yakni dengan membongkar bagian bodi yang menghalangi untuk memasukan air coolent ke radiator.
  • Kemudian anda juga dapat membuka bagian bodi cowl terlebih dahulu dengan menggunakan kunci L.
  • Berikutnya apabila sudah terbongkar semuanya, jangan lupa untuk menyiapkan nampan atau wadah hal ini untuk pembuangan air coolant pada radiator motor vixion.
  • Begitu pada wadah seperti nampan sudah siap, anda dapat mengendorkan baut pembuangan air radiator , degan menggunakan kunci 10 atau kunci T, untuk letaknya di bolok silinder.Cara Mengganti Air Radiator Motor Vixion
  • Supaya air radiator tersebut keluar semuanya, maka jangan lupa untuk membuka penutupnya, setelah terbuka kuras aiar radiator hingga bersih, apabila dirasa sudah bersih (kosong) maka selanjutnya anda dapat tutup lagi baut pembuangan air radiatornya. Selanjutnya di isi dengan air coolent yang khusus motor vixion yang dapat dibeli dibengkel motor dengan harga sekitar 25 ribu hingga 35 ribu. Bila saat proses pengisian sudah penuh, maka anda dapat tutup kembali dengan penutupnya. Cara Mengganti Air Radiator Motor Vixion
  • Tahap berikutnya yakni tinggal mengisi air radiator ke tabung atau tangki reservoir. Dalam hal ini caranya anda dapat dengan membongkar terlebih dahulu pada bagian bodi yang dirasa mengganggu untuk proses pengisian.
  • Apabila sudah terbuka pada bagian bodi tersebut, maka tahap berikutnya anda tinggal mengisi tangki recevoir dengan air radiator yang anda beli di bengkel.
  • Kemudian anda tinggal tuangkan air radiator tersebut dengan menggunakan corong supaya air radiator tidak tumpah kemana-mana. Apabila sudah full anda dapat lihat pada bagian bawah maka proses pengisian pun dapat dihentikan.Cara Mengganti Air Radiator Motor Vixion
  • Berikutnya anda tinggal pasang kembali penutup tangki recervoirnya, jika sudah selesai jangan lupa juga untuk memasang semua bodi motor anda tersebut.
  • Tahapan sudah selesai.

Bagaimana Cukup Mudah Bukan….????

Demikianlah pembahasan mengenai [Cukup Mudah] Cara Mengganti Air Radiator Motor Vixion semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Cukup Mudah] Cara Mengganti Air Radiator Motor Vixion | admin | 4.5