[Tips Ampuh] Penyebab Rem Cakram Keras “Cara Memperbaikinya”

Penyebab Rem Cakram Keras – Rem merupakan sebuah komponen yang terbilang sangat penting sekali bagi kendaraan. Pada re mini memiliki fungsi yang sangat mutlak yang digunakan yakni untuk mengurangi kecepatan kendaraan baik itu saat sedang melewati jalan yang menurun ataupun akan mau berhenti. Untuk itu dalam hal ini kondisinya harus tetap terjaga dan tetap prima.

Penyebab Rem Cakram Keras

[Tips Ampuh] Penyebab Rem Cakram Keras “Cara Memperbaikinya”

Beberapa Masalah Pada Rem

Namun hal demikian pada rem juga tak lepas dari beberapa masalah. Untuk masalah yang kerap terjaadi ialah pada rema tersebut tidak pakem hal ini lantaran kampas rem sudah mengalami penipisan atau berkurang.

Dan penyebab rem yang tidak pakem lainnya juga dapat disebabkan terdapatnya gelembung udara dalam sistem. Apabila ini terjadi maka untuk mengatasinya atau solusinya cukup hanya dilakukan dengan bleeding saja.

Namun ada juga pada rem yang mengalami rem yang keras sehingga sulit untuk dicengkram atau dalam istilahnya yakni magel. Untuk penyebab rem keras pada umumnya ialah master rem yakni pada pistonnya.

Kerasnya rem tersebut hal ini lantaran piston rem pada master mengalami atau ada yang menghalangi seperu kotor atau rusak.

Penyebab Rem Cakram Keras

Maka hal ini untuk mengatasi atau solusinya yakni dengan cara dibongkar kemudian dibersihkan atau diganti dengan yang baru. Untuk melakukannya pun sebenarnya dapat dilakukan sendiri dirumah.

Penyebab Rem Cakram Keras

Cara Memperbaiki Atau Mengatasi Rem Keras

Nah berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki atau mengatasi rem keras, untuk lebih jelasnya simak uraian dibawah ini.

  • Hal yang pertama yakni dengan membuka tuas rem terlebih dahulu.
  • Kemudian lepaskan tutup master atas.
  • Lalu lepaskan klem pengunci piston rem.
  • Selanjutnya tarik keluar piston.
  • Bersihkan dengan menggunakan udara yang bertekanan.
  • Dan yang terakhir pasang kembali, kemudian tambahkan minyak rem sesuai ukuran pada master atas tersebut.

Namun dalam hal ini yang perlu diingat, pada minyak rem tersebut jangan sampai mengenai bodi motor atau cat motor hal ini karena dapat merusak apabila terkena langsung di lap dengan menggunakan lap yang bersih.

Untuk itu supaya lebih aman, anda dapat melepas master rem terlebih dahulu dari dudukannya. Sebelum memasang kembali cek terlebih dahulu kondisi piston dan karetnya. Apabila sudah rusak maka silahkan ganti dengan yang baru. Untuk biaya atau harganya berkisaran Rp 60 ribuan, tapi apabila anda tidak yakin untuk melakukannya sendiri maka tidak usah dipaksakan, bawa saja ke bengkel terdekat.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Ampuh] Penyebab Rem Cakram Keras “Cara Memperbaikinya” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Ampuh] Penyebab Rem Cakram Keras “Cara Memperbaikinya” | admin | 4.5