[Paling Gampang] Cara Ganti Oli Motor Supra “Untuk Diketahui”

Cara Ganti Oli Motor Supra – Pelumas atau Oli merupakan salah satu bahan yang sangat terpenting yang digunakan untuk membuat suatu mesin motor supaya lebih terawat dan tidak cepat mengalami kerusakan pada komponennya.

Cara Ganti Oli Motor Supra

[Paling Gampang] Cara Ganti Oli Motor Supra “Untuk Diketahui”

Dalam hal ini bagi para pengguna atau pemilik sepeda motor, agenda rutin dalam bulanannya yakni dengan melakukan perawatan dan pemeliharaan kendaraan pada roda dua miliknya. Yang salah satu dalam segi perawatan dan pemeliharaan untuk kendaraan sepeda motor yakni dengan rutinitas ganti oli atau pelumas mesin.

Dalam proses ganti oli mesin ini biasanya diserahkan kepada mekanik di bengkel, dalam hal ini padahal untuk melakukan ganti oli motor dapat dengan mudah dilakukan sendiri. Untuk ganti oli mesin motor harus dilakukan secara tepat dan benar. Proses ganti oli ini dapat meningkatkan keausan atas gesekan di komponen mesin motor.

Jika oli tidak diganti maka mesin akan menjadi kotor. Bila anda ingin mengganti oli sepeda motor yang sudah lama belum juga diganti, nah anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.

Cara Ganti Oli Motor Supra

Ada beberapa yang perlu dilakukan dalam pergantian oli, untuk lebih jelasnya simak dibawah ini.

  • Saat anda akan mengganti oli motor maka sebaiknya kondisi mesin dalam keadaan mesin dingin, apabila anda setelah beraktivitas atau habis berkendara sebaiknya di dinginin terlebih dahulu mesin motor anda, hal ini bertujuan karena pada saat anda membuka baut oli nanti tidak mengalami keslekan atau rusak.
  • Siapkan tempat atau wadah mesin untuk menampung oli yang akan keluar.
  • Kemudian motor anda standar dua hal ini agar untuk mempermudah saat membuka baut tempat pembuangan oli, yang umumnya terletak di bawah sebelah kiri blok mesin.
  • Lalu bukalah baut pengisian oli yang posisinya terletak di bagian atas sebelah kanan blok mesin.
  • Untuk mempercepat dalam proses pembuangan sisa-sisa oli pada mesin hembuskanlah udara kompresor pada bagian lubang pengisian oli. Apabila anda tidak memiliki alat kompresor untuk menghembuskan udara, maka anda dapat melakukan dengan cara menghentakan kick starter secara berulang-ulang sampai pelumas yang masih menempel pada mesin ikut keluar. Dan ada juga cara yang mudah namun dalam hal ini waktunya cukup lama yakni dengan cara mendiamkannya selama semalaman hingga oli terkuras.
  • Kemudian bersihkan saringan pelumas, yang posisinya atau letaknya berada di baut pembuangan oli.
  • Begitu saringan pelumas telah dibersihkan, maka langkah selanjutnya yakni dengan memasang kembali saringan pelumas tersebut dan jangan lupa untuk mengencangkan baut pada penutup pembuangan.
  • Proses berikutnya yakni dengan mengisi bak mesin dengan oli yangs sesuai dengan spesifikasi yang telah dianjurkan untuk motor anda yang melalui lubang pengisian pelumas oli.
  • Setelah selesai mengisi oli, pasang kembali baut pengukur dan kemudian kencangkan.
  • Dalam hal ini proses ganti oli motor telah selesai dilakukan. Kemudian nyalakan mesin motor anda dan biarkan dalam keadaan stasioner selama beberapa menit supaya pelumas bersirkulasi pada mesin.
  • Lalu matikan mesin motor anda dan posisikan sepeda motor dalam posisi tegak dengan menggunakan standar tengah.
  • Periksa pada baut pengukur oli, dipastikan tinggi permukaan berada pada batas atas baut pengukur.
  • Nah sepeda motor anda telah siap untuk kembali beraktivitas dan siap dikendarai dengan lebih nyaman.

Demikianlah pembahasan mengenai [Paling Gampang] Cara Ganti Oli Motor Supra “Untuk Diketahui” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Paling Gampang] Cara Ganti Oli Motor Supra “Untuk Diketahui” | admin | 4.5