[Tisp Ampuh] Cara Memperbaiki Shock Depan Yang Keras

[Tisp Ampuh] Cara Memperbaiki Shock Depan Yang Keras – Dalam hal ini Peredam kejut “Shock absorber” “Shock breaker” atau “Damper” merupakan subuah alat mekanika yang didesain sebagai meredam hentakan yang disebabkan oleh energi kinetik. Peredam kejut ialah bagian terpenting dalam suspensi bagi kendaraan khususnya sepeda motor.

Cara Memperbaiki Shock Depan Yang Keras

[Tisp Ampuh] Cara Memperbaiki Shock Depan Yang Keras

Alat ini berfungsi untuk dapat mengurangi efek dari kasarnya permukaan jalan. Tanpa adanya peredam kejut maka pada kendaraan tersebut akan dapat terlempar, seperti energi yang disimpan dalam per dan lalu dilepaskan pada kendaraan, barang kali melebihi gerakan suspensi.

Kontrol gerakan yang berlebih pada suspensi tanpa peredam kejut di redam secara paksa oleh sebuah per yang kaku, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Peredam kejut diperkenankan menggunakan per yang lembut yang mengotrol gerakan susepensi dalam merespon gundukan atau lubang. Dan juga berhubungan dengan pelambatan efek fisik dalam ban itu sendiri, untuk mengurangi gerakan naik turun per, karena ban tidak selembut per, maka untuk meredam hentakan ban tersebut mungkin dibutuhkan shock yang kaku yang lebih ideal untuk kendaraan bermotor.

Dalam hal ini apabila suspensi mengalami gangguan maka tentunya akan membuat acara berkendara menjadi tidak nyaman lantaran getaran dan kejutan terasa ke pengendaranya, salah satu gangguan suspensi ialah suspensi motor terasa keras. Nah berikut ini bagaimana mengenai penyebab dan cara mengatasi atau memperbaiki gangguan suspensi motor yang terasa keras.

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Suspensi Motor Keras

Pada suspensi motor terasa keras hal ini diakibatkan karena yakni:

Garpu Suspensi Bengkok

Apabila garpu bengkok maka akan menyebabkan pergerakan suspensi tersebut menjadi terganggu saat masuk/naik turun di dalam tabung suspensi yang sehingga tidak dapat mampu untuk mnyerap getaran dan kejutan dengan cukup baik.

Cara Memperbaikinya

Untuk memperbaikinya dengan mengepres garpu suspensi tersebut supaya menjadi lurus kembali, apabila diperlukan maka ganti dengan yang baru.

Minyak Pelumas Suspensi Terlalu Kental

Apabila oli yang terlalu kental maka akan mengakibatkan pergerakan suspensi tersebut menjadi terlalu berat yang sehingga suspensi pun akan terasa lebih keras.

Cara Memperbaikinya

Untuk memperbaikinya dengan mengganti minyak/oli suspensi sesuai dengan standarnya yang sudah dianjurkan oleh pabrikannya.

Kapasitas Pelumas Suspensi Terlalu Banyak

Suspensi depan dapat bekerja sempurna apabila kapasitas oli sesuai dengan volume tabung. Jika kapasitas setiap tabung tidak imbang, maka ada dua akibat yang di dapat. Redaman roda depan bisa saja terlalu keras atau malah menjadi kelembutan. Kalau terlalu keras, kemungkinan oli yang masuk ke tabung tersebut melebihi dari takaran standarnya. Dan sebaliknya jika kapasita oli tersebut kurang maka pada motor akan terasa limbung ketika diajak melibas jalan yang agak rusak atau saat menikung.

Cara Memperbaikinya

Untuk memperbaikinya dengan mengurangi jumlah/volume oli tersebut. Pada saat ganti oli sokbreker sebaiknya sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan pabrikan. Sebab takaran itu memang sudah pas dengan volume tabung, untuk jarak main sok dan lubang pipa suling setiap tabung. Dalam hal ini akan berbeda jika motor mau dipakai untuk keperluan kompetisi. Supaya kerja suspensi depan memenuhi kebutuhan motor yang akan dipakai, maka volume oli bisa saja ditambah atau dikurangi.

Cara Memperbaiki Shock Depan Yang Keras

Dan untuk diingat saat ganti oli, baiknya pelumas bekas di dalam tabung dibuang dulu hingga tidak ada sisa, itu sebelum oli yang baru dimasukkan ke tabung lewat pipa teleskopik dengan bantuan gelas pengukur tiap tabung. Atau apabila komponen sok dikuras, jangan lupa untuk menambah sekitar 2,5 ml tiap tabungnya.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tisp Ampuh] Cara Memperbaiki Shock Depan Yang Keras semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tisp Ampuh] Cara Memperbaiki Shock Depan Yang Keras | admin | 4.5