[Tips Ampuh] Cara Memperbaiki Velg Motor Yang Penyok

Cara Memperbaiki Velg Motor Yang Penyok – Bagi pengguna kendaraan khususnya roda dua “Sepeda Motor” pastinya pernah mengalami permasalahan atau melanda pada velg racing motornya seperti bengkok, penyok hingga retak. Dalam hal ini untuk segi perawatan sekaligus perbaikan sangat butuh penanganan khusus. Hal demikian yang terkadang membuat velg racing tidak di pilih sebagai velg yang digunakan pada motor sebagian orang.

Cara Memperbaiki Velg Motor Yang Penyok

[Tips Ampuh] Cara Memperbaiki Velg Motor Yang Penyok

Untuk kerusakan yang sering dialami oleh velg motor racing pada umumnya disebabkan karena hantaman yang sangat begitu keras pada bidang jalanan yang rusak atau jalanan yang berlubang. Untuk kerusakan pada velg motor racing ini sedikit sekali terasa apabila tidak di amati. Oleh sebab itu, sangat penting sekali untuk melakukan perawatan pada velg motor agar tetap dalam keadaan baik.

Cara Memperbaiki Velg Motor Penyok

Untuk cara memperbaiki velg motor racing penyok ataupun bengkok dapat dilakukan tergantung dari jenis velg yang akan di tangani. Apabila velg standart bawaan pabrikan untuk perbaikan motor, umumnya lebih keras. Akan tetapi berbeda halnya dengan velg variasi, untuk jenis velg ini memang lebih lunak dan tentu saja lebih mudah untuk proses pembenahannya.

Perbaiki Velg Racing Standar/Orginal Bawaan Motor

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan diantaranya yaitu:

  • Hal yang pertama buka velg dan buka bannya.
  • Lalu ambil dua buah balok kayu yang keras.
  • Kemudian satu balok untuk mengganjal dan satu lagi buat untuk mukul.
  • Untuk jenis velg orginal ini lumayan keras, untuk memperbaiki velg ini harus dipanaskan terlebih dahulu supaya lebih mudah untuk diluruskan.
  • Selanjutnya pukul bagian yang penyok pakai balok kayu, bisa pukul langsung atau balok hanya sebagai pengganjal yang memukulnya palu ke balok tersebut.
  • Ingat resikonya pecah, jadi pada saat memukul maka gunakan tenaga yang bertahap, jangan langsung pakai tenaga melainkan coba dulu dengan sedikit tenaga.

Perbaiki Velg Variasi/Dari toko “Bukan Orginal”

Dalam hal ini yang perlu dilakukan dalam memperbaikinya yaitu:

  • Kalau untuk velg jenis ini apabila kualitasnya yang sedang suka getas, maka harus sambil dipanasin pada saat memukulnya.

Cara Lain Untuk Memperbaiki Velg Penyok

Untuk langkah lain yang bisa dilakukan untuk memperbaiki velg motor racing penyok atau bengkok yang dapat dilakukan dengan cara pengepressan untuk meluruskan kembali bagian yang penyok. Cara ini tentunya diperlukan sebuah mesin khusus dan dibutuhkan bengkel tertentu. Tentunya secara otomatis akan ada untuk biaya tersendiri yang harus dikeluarkan tergantung dari kondisi velg dan juga jenis motornya.

Cara Memperbaiki Velg Motor Yang Penyok
Selain kerusakan yang telah ulas diatas kerusakan yang lain dapat terjadi pada velg motor racing ialah retak ataupun pecah. Untuk cara memperbaiki masalah demikian ini untuk prosesnya hampir sama, di press terlebih dahulu setelah itu dibuat presisi kembali. Akan tetapi terdapat langkah tambahan yakni merapikan dengan cara di dempul sekaligus di lem. Untuk menyambungnya kembali dengan cara di las secara manual, lem dan dempul tersebut berfungsi untuk menutup pori-pori agar lebih kuat. Akan tetapi tetap saja, meskipun pengerjaannya rapi seperti baru, untuk segi kekuatan pada velg motor racing retak atau pecah tidaklah kembali seperti semula atau secara seutuhnya. Oleh karenanya apabila sudah terjadi hal seperti itu maka untuk pemulihannya sangatlah sulit, selain di ganti dengan versi atau dengan part yang baru.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Ampuh] Cara Memperbaiki Velg Motor Yang Penyok semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Ampuh] Cara Memperbaiki Velg Motor Yang Penyok | admin | 4.5