[Tips Jitu] Fungsi Tutup Tangki Bahan Bakar “Untuk Perlu Diketahui”

Fungsi Tutup Tangki Bahan Bakar – Tutup tangki motor atau bahasa kerennya yakni fuel tank cap, apabila kita amati pada setiap motor pastinya hampir semua motor telah dibekali dengan yang namanya tutup tangki bahan bakar, jika tidak dibekali maka tentunya pada bahan bakar akan cepat habis atau menguap.

Fungsi Tutup Tangki Bahan Bakar

[Tips Jitu] Fungsi Tutup Tangki Bahan Bakar “Untuk Perlu Diketahui”

Dalam hal ini fuel tank cap yang ada pada sepeda motor yang secara garis besar memiliki fungsi sebagai penutup pada ruang bahan bakar atau tangki BBM, apabila kita lihat atau perhatikan sepintas cukup sederhana tapi bila lebih mengenal lebih dekat dengan tutup tangki tersebut jelas dapat mendukung kelancaran dalam berkendara dan juga memiliki dukungan penampilan yang lebih sporty. Kalau gitu untuk lebih mengenal atau lebih dekat lagi mengenai fungsi dari tutup tangki bahan bakar tersebut.

Fungsi Tutup Tangki Bahan Bakar

Dalam hal ini pada bagian tutup tangki biasanya terdapat beberapa komponen pendukung diantaranya yakni karet tutup tangki, lubang ventilasi, per tutup tangki dan juga bagian kunci buka tutup tangki bahan bakar. Untuk lebih jelasnya dari komponen masing-masing tersebut simak ulasannya berikut ini.

Karet Tutup Tangki

Pada komponen yang satu ini letaknya ialah dibagian tepat dibawah lingkaran bibir tutup tangki yang memiliki fungsi sebagai penyekat lubang tutup tangki dan bahan bakar supaya tidak terjadi kebocoran, apabila terjadi bocor maka tentunya bensin akan habis dan merugikan. Selain itu juga merupakan sebagai pelindung supaya tidak menyebabkan merusak cat dan karet tutup tangki juga dapat menghindari air masuk ke dalam lubang tangki bahan bakar supaya tidak masuk ke ruang pembakaran.

Lubang Ventilasi

Pada komponen yang satu ini terbilang hampir setiap motor telah dibekalinya, lubang ventilasi ini memiliki fungsi supaya tidak terjadi penyumbatan yang dapat menyebabkan terjadinya kevakuman tekanan udara dalam tangki dan juga dapat menyumbat aliran bahan bakar yang menuju karburator atau injektor.

Per Tutup Tangki

Pada komponen tutup tangki ini berfungsi untuk menekan lingkar penutup tangki ke bibir lubang tangki supaya karet tutup tangki tersebut dapat bekerja secara maksimal dalam menyekatkan bahan bakar minyak dan mulut tangki bahan bakar.

Kunci Tutup Tangki

Pada komponen tutup tangki yang satu ini juga memiliki fungsi yang terbilang sangat penting yang bertujuan untuk mengunci atau mengamankan tutup tangki supaya tidak mudah terbuka atau terlepas (didukung dengan per tutup tangki) dan juga dapat mengamankan dari tangan-tangan yang jahil (misalnya penyedotan bensin dan sebagainya).
Nah itulah fungsi tutup tangki, setiap komponen pada motor dalam hal ini pastinya mempunyai peran masing-masing, dan fungsinya juga tidak kalah penting. Dipastikan juga bahwa anda mengisi bensin yang murni (dari pom bensin/SPBU) supaya motor anda tetap awet dan dapat digunakan, dan anda juga harus tetap menjaga dan merawat part tersebut supaya tidak karatan.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Fungsi Tutup Tangki Bahan Bakar “Untuk Perlu Diketahui” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Jitu] Fungsi Tutup Tangki Bahan Bakar “Untuk Perlu Diketahui” | admin | 4.5