[Tips Jitu] Ganti Rantai Motor “Yang Baik Dan Benar”

Ganti Rantai Motor – Dalam mengganti sebuah rantai motor hal ini merupakan bagian dari perawatan pada sepeda motor. Apabila rantai motor sudah tidak dapat bekerja maka sebagaimana mestinya hal ini tentunya pada akselerasi motorpun menjadi terhambat ditambah lagi motor yang sudah tidak bisa jalan karena gear bagian depan dan belakang sudah habis untuk itu pergantian gear motor dan rantai pun sangat perlu dilakukan.

Ganti Rantai Motor

[Tips Jitu] Ganti Rantai Motor “Yang Baik Dan Benar”

Rantai pada motor memiliki fungsi yang sangat penting yakni untuk menyalurkan tenaga dari mesin motor ke bagian roda belakang pada motor untuk dapat menggerakan supaya dapat berjalan. Coba bayangkan apabila motor anda mengalami yang namanya rantai putus?? hal ini tentunya masalah besar buka motor tidak bisa berjalan sebagimana mestinya.

Pada saat berkendara atau ridding perjalanan yang jarak jauh jangan lupa untuk memberikan pelumas pada bagian rantai motor hal ini supaya kinerja lebih optimal.

Tips Ganti Rantai Motor

Nah berikut ini ada beberapa tips yang mungkin dapat menjadi referensi anda untuk tips dalam mengganti rantai pada sepeda motor anda, untuk lebih jelasnya simak ulasannya dibawah ini.

Hal Yang Pertama Jangan Memotong Rantai

Bnayak diantara kita yang dalam penggantian rantai yang memang seharusnya sudah diganti tapi menggunakan alternatif lain yakni dengan memotong rantai supaya dapat digunakan kembali. Contoh dalam kasus ini yakni pada saat rantai motor sudah kendor dan posisi pengaturan kekencangan juga sudah mentok atau maksimal.

Kebanyakan orang yakni menggunakan jalan pintas untuk dapat menghindari dalam penggantian rantai motor yakni dengan cara memotong atau memperpendek rantai supaya kondisi rantai motor tidak kendor lagi. Alasannya tentunya berbagai macam salah satunya yakni malas untuk mengganti karena masih bisa digunakan, ada juga yang belum memiliki uang. Sebenarnya dalam memotong rantai hal ini dapat membahayakan, untuk itu lebih baik apabila sudah batas maksimal lebih baik dengan ganti yang baru.

Hal Yang Kedua Ganti Gear Satu Set

Apabila rantai motor sudah terlihat kendur dan juga dalam pengaturan kekecangan sudah maksimal alias sudah tidak bisa di setting lahi, maka selanjutnya lihat bagian gear depat maupun belakang, apakah sudah tajam atau malah sudah banyak yang patah. Apabila gear dan ranati motor anda mengalami permasalahan tersebut maka hal ini mau tidak mau anda harus mengganti dengan yang baru. Untuk mengganti bisa bertahap misal rantai yang ingin diganti terlebih dahulu, jika sudah ada dana baru menyusul pada komponen gear tapi untuk lebih baiknya hal ini memang harus satu set karena hal tersebut lebih baik.

Hal Yang Ketiga Menggunakan Merk Yang Sama

Sebaiknya dalam memilih rantai dan gear motor dalam hal ini menggunakan satu merek atau yang dijual satu set karena biasanya jika berbeda merk komposisi bahan pembuatannya pun berbeda-beda yang sehingga akan dapat menyebabkan rantai atau gear pada motor ada yang kalah karena kekuatannya yang berbeda. Maka dari itu alasan kenapa kita harus menggunakan merk yang sama yakni supaya komponen gear dan rantai tidak menjadi kalah.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Ganti Rantai Motor “Yang Baik Dan Benar” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Jitu] Ganti Rantai Motor “Yang Baik Dan Benar” | admin | 4.5