[100% Simpel] Cara Mengganti, Spul Motor Supra “Yang Rusak”

Spul Motor Supra – Sekarang ini sudah memasuki musim hujan, biasanya banyak motor yang mengalami seperti mogok atau mesin motor tidak mau menyala atau hidup yang lantaran terkena banjir. Selain penyebab mesin motor yang tidak mau hidup ialah karburator masalah, bisa jadi disebabkan juga oleh sistem pengapian yakni dari bagian spulnya.

Spul Motor Supra

[100% Simpel] Cara Mengganti, Spul Motor Supra “Yang Rusak”

Bagi pengendara atau pengguna yang mengalami mesin motor mogok atau mesin motor mati yang tidak maun menyala atau hidup, pantas dicurigai juga kerusakan pada spul pengapian motor.

Cara Mengecek Kondisi Spul Pengapian

Untuk cara mengecek kondisi spul pengapian motor sangatlah terbilang mudah. Bila dalam kepala busi masih terdapat percikan bunga api, maka kondisi spul pengapian dalam kondisi terbilang baik.

Spul Motor Supra
Namun, apabila dalam kepala busi tidak terdapat percikan api, maka ada kemungkinan ada masalah atau kerusakan pada spul pengapian. Apabila sudah begini maka perlu cek dan ukur tegangan yang keluar pada spul pengapian sembari mesin motor di kick stater atau diengkol. Untuk pengecekan bisa pada kabel yang masuk ke CDI motor, kalau tidak ada tegangan yang keluar, maka dipastikan spul pengapian menjadi rusak.

Cara Mengganti Spul Pengapian

Bila spul pengapian rusak, sebaiknya ikuti langkah-langkah cara dalam mengganti spul pengapian Honda Supra, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

Spul Motor Supra

  • Hal yang pertama-tama siapkan terlebih dahulu peralatannya seperti kunci T8, kunci pas 10, obeng plus, multitester dan wadah kecil untuk tempat baut (loyang), supaya onderdil tidak berhamburan atau acak-acakan dimana-mana saat bekerja.
  • Kemudian copot coverbody bagian kiri Honda Supra, lalu copot tuas perseneling dengan menggunakan kunci pas 10. Selanjutnya buka baut penutup magnet menggunakan kunci T8, nah jangan lupa taruh semua bautnya ke wadah (loyang) sambil di ingat posisinya supaya tidak repot saat dalam proses pemasangan nantinya.
  • Berikutnya lepas soket kabel kelistrikan dari spul, copot cover magnetnya. Lalu copot baut pulser, spul dan penahan kabel dengan menggunakan kunci T8, lepas spul yang lama lalu ganti dengan yang baru.
  • Begitu cover magnet terpasang coba cek dengan multitester kabel spul (kabel hitam strip merah) dengan massa, kalau apabila keduanya terhubung berarti hasil pekerjaan anda telah berhasil. Sebelum menutup blok mesin kiri, sebaiknya coba dulu dengan mengdupkan mesin motor apabila mesin motor dapat nyala, maka langkah-langkah yang tadi dilakukan telah benar.
  • Dan yang terakhir tutup dan pasang kembali blok mesin kiri (penutup magnet) dan cover body supra. Dan jangan lupa pasang kembali juga tuas perseneling, kalau sudah maka motor siap untuk dijalankan atau di kendarai.

Demikianlah pembahasan mengenai [100% Simpel] Cara Mengganti, Spul Motor Supra “Yang Rusak” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[100% Simpel] Cara Mengganti, Spul Motor Supra “Yang Rusak” | admin | 4.5