Cara Alternatif Memperbaiki Coil Pada Motor Saat Kondisi Di Jalan

Cara Alternatif Memperbaiki Coil Pada Motor Saat Kondisi Di Jalan – Coil memiliki peran yang sangat penting pada sebuah kendaraan seperti pada sepeda motor, coil ini berfungsi sebagai untuk menaikkan tegangan dari aki. Pada tegangan baterai/aki yang tadinya atau sebelumnya hanya 12 Volt setelah melalui coil maka akan menjadi berkisar 18.000 Volt.

Cara Alternatif Memperbaiki Coil Pada Motor Saat Kondisi Di Jalan

Cara Alternatif Memperbaiki Coil Pada Motor Saat Kondisi Di Jalan

Tegangan dari coil tersebut yang nantinya akan dialirkan ke busi yang akan digunakan sebagai pematik api pada ruang bakar di sepeda motor. Maka dari itu coil ini memiliki peran yang sangat penting sekali dalam sistem pengapian di kendaraan khususnya di sepeda motor.

Nah, apa sajakah akibatnya apabila coil mengalami kerusakan atau sudah tidak normal lagi..?? dan bagaimana kah cara untuk mengatasi atau memperbaikinya..??

Cara Mengatasi Atau Memperbaiki Pada Coil

Untuk langkah awal yang perlu anda lakukan yakni dengan mengenali terlebih dahulu gejala-gejala yang muncul ketika kondisi coil akan mengalami kerusakan atau mati.

  • Berkurangnya usia atau umur pada busi, walaupun telah diganti dengan yang baru, hal ini busi akan tetap mati atau rusak.
  • Pada mesin kondisinya akan mengalami seperti brebet pada suhu yang lumayan tinggi atau panas. Akan tetapi jika kondisi mesin dingin akan berjalan dengan baik atau normal.
  • Pada kondisi mesin yang sudah mengalami panas, mesin tersebut kembali menjadi brebet yang nantinya akan mati. Apabila mesin kondisi dingin maka akan menjadi normal lagi.
  • Dan akan mengalami pengurangan jarak pada ketika melakukan pengecakan loncatan tegangan arus listrik yang berasal dari kabel busi.

Nah apabila hal demikian tersebut di alami oleh sepeda motor yang anda miliki, maka ada kemungkinan kendalanya di coil yang sudah mulai melemah atau sudah rusak. Oleh sebab itu mau tidak mau anda harus segera menggantinya dengan yang baru, akan tetapi dalam kondisi tersebut kita masih dapat memanfaatkan kondisi tersebut dengan menggunakan cara sebagai berikut ini.

Cara Alternatif

Agar coil tetap berada pada kondisi dingin, maka hal yang perlu anda lakukan yakni dengan membungkus coil tersebut dengan kain yang sudah dibasahi. Cara tersebut cukup efektif apabila menggunakan sepeda motor dengan jarak yang dekat.

Dan selain itu anda juga dapat merapatkan celah busi pada motor anda. Hal ini bertujuan untuk memperkuat arus yang akan masuk ke busi. Di pastikan juga komponen-komponen yang sebelumnya terpasang di coil bekerja dengan normal.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Alternatif Memperbaiki Coil Pada Motor Saat Kondisi Di Jalan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Cara Alternatif Memperbaiki Coil Pada Motor Saat Kondisi Di Jalan | admin | 4.5