Cara Mudah Merawat Motor Ninja 250 “Performanya Tetap Terjaga”

Cara Mudah Merawat Motor Ninja 250 “Performanya Tetap Terjaga”

Cara Mudah Merawat Motor Ninja 250 “Performanya Tetap Terjaga” – Untuk kali ini kita akan mengulas sedikit mengenai bagaimana cara merawat motor ninja 250, baik sistem karbu maupun injeksi, untuk kali ini akan mencoba dalam memberikan beberapa tips untuk anda bagi pera penggemar motor yang butuh perawatan ini, yang sehingga dapat optimal dan membuat para mata disekeliling anda merasa dibuatnya iri dan ingin sekali untuk menikmati motor anda tersebut.

Nah berikut ini beberapa tips yang mungkin dapat anda lakukan agar motor anda tetap optimal performanya, kalau begitu simak saja ulasannya dibawah ini.

Pemakian Bahan Bakar

Dalam penggunaan bahan bakar yang sesuai, pakailah pertamax atau pertamax plus, namun tetapi apabila terpaksa anda lagi krisis finansial, gunakanlah pertamax di campur dengan premium, dengan takaran 50:50 atau bila anda dompetnya tebel maka hendaklah pakai pertamax, disamping membantu pemerintah untuk pemakian jangka panjang motor anda pun akan semakin baik.

Sistem Pendingin (Radiator)

Berikutnya ini cara dalam merawat motor ninja 250 dengan merawat radiator mesin anda, fungsi pendinginan mesin pada kawasaki sepenuhnya dikerjakan oleh radiator dengan cara mengalirkan air yang dingin mengelilingi blok mesin.

Karena semakin terjaga suhu radiator, semakin terjaga pula suhu mesin Kawasaki Ninja. Radiator akan bekerja maksimal jika air di dalamnya memiliki suhu 70-80 derajat celcius. Ketika suhu air di dalam radiator memasuki angka diatas 100 derajat celcius, mesin ninja akan tersiksa dan tidak dapat bekerja secara optimal. Indikator suhu akan menjadi naik pada posisi H (High) dan motor harus dimatikan.

Dalam hal ini anda pastinya sudah mengetahui apa itu dengan water coolant, yang kegunaannya ialah supaya suhu air di dalam radiator ninja anda tetap terjaga pada suhu rendah. Lalu bagaimana cara dalam penggunaannya, water coolant dapat diamsukkan ke dalam radiator, yakni caranya ialah dengan menguras air biasa yang berada du dalam radiator, lalu masukkan water coolant ke dalamnya. Tetapi jangan lupa, dalam proses penggantian air harus dilakukan ketika radiator dalam kondisi dingin. Bila dilakukan pada saat kondisi panas makan hal ini dapat berbahaya karena ketika tutup radiator tersebut dibuka maka air panas akan keluar dan dapat membahayakan penggunanya.

Perawatan Sistem Karburator

Sistem karburator ialah nyawa bagi motor anda, dan dalam hal ini mau tidak mau anda harus rajin dalam merawatnya dengan senang hati. Nah berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukannya yang diantaranya yaitu:

  • Hal yang pertama yakni dengan bersihkan penampun udara atau filter, lakukan dengan berhati-hati lepas filter bersihkan dan diusahakan jangan memakai pembersih dengan angin yang terlalu berkecepatan tinggi karena akan dapat merusak pori-pori filter itu sendiri.
  • Hal yang kedua dalam bersihkan karburator, yakni buka karburator dengan cara melepas baut-baut pengikat tutup karburator, katup cuk/choke, kran bensin. Gunakan kunci yang sesuai supaya alat-alat tersebut tidak mudah dol. Lepas komponen-komponen karburator lalu ditempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih, agar mudah pakai saja cairannya bensin. Lepas mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet dan lain-lain. Hati-hati terhadap parts yang kecil-kecil dan seal/karet pelindung, tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat supaya nanti saat pemasangan tidak bingung mencarinya. Apbila sudah selesai bersihkan karburator dengan menggunakan kuas, secara searah, lalu semprot sela-sela dengan angin berkecepatan tinggi dan bersihkan rongga-rongga dan spuyer menggunakan amplas halus, lalu pasang tapi untuk diingat jangan terlalu keras saat memasangnya, lalu setel pelampung pada tangki bensin anda menggunakan jangka sorong.
  • Hal yang ketiga rakit karburator anda, pasanglah dengan secara berhati-hati dan usahakan untuk membersihkan karburator dalam 3 bulan sekali dan jangan terlalu sering hal ini karena dapat membuat aus spuyer dan baut-baut karburtor.

Oli Mesin

Untuk hal yang pertama dalam cara merawat motor ninja 250 saat anda membeli kawasaki ninja baru, pakailah motor anda dengan pelan dan halus, jangan terlalu menarik gas dengan menghentaj atau mengagetkan. Begitu mencapai Km 2000 maka segeralah untuk mengganti oli mesin ninja anda.

Gunakanlah kualitas oli mesin yang terbaik buat anda dan diusahakan dengan menggunakan oli mesin sama dari awal pemakian, demikian juga dengan pemakian oli samping, memilih oli samping yang berkualitas tinggi akan semakin menjaga performa mesin kawasaki.

Untuk oli mesin yang baik biasanya memiliki kelebihan yang tidak menghasilkan asap pada knalpot dan berbau wangi. Dalam pemakaian bahan bakar pada ninja secara standar cukup dengan menggunakan premium yang memiliki oktan di bawah 92, namun untuk mendapatkan performa yang lebih bagus, premium ini dapat dicampur dengan pertamax atau pertamax plus agar nilai oktannya tepat pada angka 92.

Merawat Injeksi

Untuk perawatan pada sistem injeksi anda harus membawanya ke bengkel resmi yang profesional yang dikhususkan untuk motor kawasaki ninja, pasalnya bagian ini harus di tangani oleh tenaga ahlinya.

Mencuci Motor Anda

Dalam hal ini sebenarnya paling penting ialah dengan mencintai motor anda seperti mencintai diri anda sendiri, hal ini karena setiap barang itu memiliki nyawa yang perlu kita perhatikan cara yang paling ampuh dan muraj ialah dengan mencuci motor anda.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Merawat Motor Ninja 250 “Performanya Tetap Terjaga” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Cara Mudah Merawat Motor Ninja 250 “Performanya Tetap Terjaga” | admin | 4.5