Ciri-Ciri Shock Depan Motor Bocor Dan Cara Merawatnya

Ciri-Ciri Shock Depan Motor Bocor Dan Cara Merawatnya – Shock depan pada sepeda motor merupakan salah satu komponen terpenting karena sebagai sistem peredam untuk motor pada bagian depan. Pada sistem peredam pada sisi ini sangat riskan, pasalnya apabila shock depan berhenti berfungsi seperti biasanya maka hal ini akan berakibat pada kenyamanan dan bahkan keselamtan bagi para penggunannya.

Ciri-Ciri Shock Depan Motor Bocor Dan Cara Merawatnya

Ciri-Ciri Shock Depan Motor Bocor Dan Cara Merawatnya

Untuk itu disarankan agar dapat mengetahui sejak dini hal apa saja yang dapat menyebabkan shock depan motor tersebut tidak berfungsi serta ciri-ciri apa saja yang muncul apabila shock depan motor bocor atau terjadi kerusakan. Nah berikut ini untuk lebih jelasnya simak ulasannya dibawah ini.

Ciri-Ciri Shock Depan Motor Bocor Dan Cara Merawatnya

Ada beberapa ciri-ciri shock depan bocor yang diantaranya seperti:

Oli Shock Mengalir Dari Tabung Das As Shock Depan

Yang salah satu ciri shock depan menjadi bocor ialah dengan adanya oli yang keluar dari sela-sela seal shock depan. Hal ini disebabkan karena adanya sedikit celah antara as shock dan tabung shock yang biasanya disebabkan as shock yang tergores atau bengkok yang sehingga hal ini oli shock dapat keluar dari tabung shock.

As Shock Depan Tergores

Yang menjadi penyebab as shock tergores bermacam-macam, mulai dari umur as shock yang sudah tuas, shock depan sering mengangkat beban berlebih atau overload, as shock bengkok akibat kecelakaan atau terjatuh dan adanya kotoran atau tanah yang masuk ke tabung shock yang sehingga hal tersebut menjadi dapat menggoreskan as shock tersebut. Maka dari itu segeralah untuk mengganti as shock ketika sudah tergores karena as shock dapat terkikis lebih dalam bahkan kalau sudah parah.

Pada Rem Depan Akan Terasa Blong

Yang dapat penyebabkan rem menjadi blong ketika shock depan mati atau bocor ialah dengan adanya oli shock yang megalir ke cakram dan kampas rem motor tersebut. Yang sehingga rem tidak dapat berkerja atau berfungsi dengan maksimal atau sempurna. Atau bisa jadi karena tidak adanya gaya pegas ketika mengerem akibat shock yang bocor.

Motor Akan Terasa Susah Atau Berat Ketika Berbelok

Dalam hal ini hampir sama dengan penjelasan diatas, motor akan terasa susah untuk berbelok juga diakibatkan tidak adanya gaya pegas pada shock depan motor karena bocor atau shock mati.

Shock Depan Berbunyi Ketika Di Rem

Pada shock depan yang bocor juga memiliki ciri shock berbunyi ketika di rem yang pantulan shock juga akan terasa kaku jika shock depan sudah bocor.

Cara Merawat Shock Depan Motor

Agar kondisi shock depan motor tetap awet dan terawat maka hal yang perlu dilakukan yaitu:

  • Jangan paksakan sepeda motor dengan beban yang terlalu berlebihan pada bagian depan motor tersebut.
  • Selalu menjaga atau bersihkan as shock motor ketika kotor.
  • Dan dengan menghindari jalan yang berlubang sehingga shock tidak bengkok atau bekerja berlebihan.

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri-Ciri Shock Depan Motor Bocor Dan Cara Merawatnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Ciri-Ciri Shock Depan Motor Bocor Dan Cara Merawatnya | admin | 4.5