[Tips Ampuh] Penyebab Dan Mengatasi Vespa Yang Brebet

[Tips Ampuh] Penyebab Dan Mengatasi Vespa Yang Brebet – Vespa merupakan merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan induk dari vespa ialah Piaggio. Yang pada awal kedatangnya vespa memiliki saingan berat skuter Lambretta, yang sekarang otamatis vespa sebagai motor skuter konvensional yang tidak memiliki saingan lagi.

[Tips Ampuh] Penyebab Dan Mengatasi Vespa Yang Brebet

[Tips Ampuh] Penyebab Dan Mengatasi Vespa Yang Brebet

Untuk pasar sepeda motor Indonesia yang unik ini tidak memberikan kesempatan kepada vespa untuk menjadi besar. Merek yang diedarkan oleh PT. Dan Motor Indonesia ini memiliki penggemar fanatik dan klub-klub penggemar vespa “terutama vespa klasik”, menjamur diberbagai kota di Indonesia, juga sering disebuta dengan Piaggio Kodok karena mirip VW Kodok dan vespa menjadi salah satu alat transportasi yang modern hingga untuk saat ini.

Vespa juga termasuk alat transportasi yang ekonomis karena harganya yang relatif murah tapi tetap memiliki kualitas yang bagus. Nag berikut ini penyebab dan mengatasi vespa yang brebat, untuk lebih jelasnya simak saja ulasannya berikut ini.

Tanda-Tanda Vespa Yang Brebet

Ada beberapa tanda-tanda vespa yang brebet sebagai berikut:

  • Knalpot menembak nembak “meledak-ledak”.
  • Karburator meledak ledak.
  • Keluar bensin dari lubang angin karburator.

Penyebab Vesp Yang Brebet

Ada beberapa penyebab yang membuat vespa tersebut menjadi brebet yang diantaranya yaitu:

  • Pada sistem pengapian yang kurang pas.
  • Pada karburator yang kotor.
  • Pada lubang-lubang spuyer yang tertutup kotoran.
  • Busi yang menghitam.
  • Vesp anda yang terlalu setting irit.

Cara Mengatasi Vespa Yang Brebet

Ada beberapa untuk mengatasi vespa yang brebet yang antaranya yaitu:

Pengapian Kurang Pas

Untuk hal ini cek pengapian dengan cara buka busi lalu cabut kepala koil, kemudian dekatkan kabel koil ke karburator. Api yang bagus yakni api yang berwarna biru, jika berwarna merah coba setel lagi pada platinanya.

Karburator Yang Kotor

Pada sistem karburatro juga dapat mengganggu kinerja vespa anda, coba anda bersihkan secara rutin sebulan sekali dengan menggunakan karbu cleaner, dapat juga dengan menggunakan bensin.

Spuyer Yang Kotor

Untuk bagaimana cara mengetahui spuyer yang kotor/tidak yakni dengan membuka tutup karburator kemudian kedua spuyer “main jet dan pilot jet” kemudian tiup-tipu di lubang-lubang spuyer setelah ditiup cuci dengan bensin atau dengan semprot dengan menggunakan karbu cleaner.

Busi Menghitam

Untuk hal demikian copot busi dari head blok, kemudia amplas kepala busi dengan menggunakan amplas halus/sikat gigi karena busi menghitam tertutup jelaga oli dapat menghalangi percikan api, setelah dibersihkan pasang kembali busi.

Vespa Terlalu Irit

Pada vespa yang terlalu irit ditandai dengan sering brebet, overheat pada mesin “mesin cepat panas meskipun dipakai sebentar”. Untuk cara mengatasinya yakni dengan mengganti spuyer anda dengan spuyer sesuai dengan ukuran standar karburator anda.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Ampuh] Penyebab Dan Mengatasi Vespa Yang Brebet semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Ampuh] Penyebab Dan Mengatasi Vespa Yang Brebet | admin | 4.5