[Tips Jitu] Cara Memasang Piston Ke Blok Sepeda Motor

[Tips Jitu] Cara Memasang Piston Ke Blok Sepeda Motor – Piston merupakan sebuah komponen mesin yang membentuk ruang bakar bersama-sama dengan silinder blok dan silinder head. Piston jugalah yang melakukan gerakan naik turun untuk dapat melakukan siklus kerja mesin, serta piston harus mampu untuk dapat meneruskan tenaga hasil dari pembakaran ke crankshaft. Jadi dapat kita lihat bahwa piston memiliki fungsi yang sangat penting dalam melakukan siklus kerja mesin dan dalam menghasilkan tenaga pembakaran. Oleh karena itu kita selaku pemilik kendaraan perlu sekali dalam memahami betul mengenai cara memasang piston motor, khususnya piston lawas misalnya pada Honda Tiger varian terdahulu.

[Tips Jitu] Cara Memasang Piston Ke Blok Sepeda Motor

[Tips Jitu] Cara Memasang Piston Ke Blok Sepeda Motor

Untuk varian Tiger lawas, memiliki jarak titik tengah lubang pin yang menuju sisi luar piston atau offsite, lain halnya dengan piston pada motor yang keluaran terkini. Pada type piston lawas, terdapat lubang pin yang condong ke arah lubang exhaust atau lubang buang. Dalam hal ini dimaksudkan agar nantinya pin piston serta pin kruk as berada pada posisi berlawanan alias tidak serah. Yang sehingga membuat proses pembakaran diruang bakar nanti, piston dan kruk as bisa dapat berputar secara optimal tanpa hambatan.

Apabila salah dana menentukan atau memasang piston dan malah piston terbalik, untuk efek yang muncul nantinya membuat power mesin menurun meski tuas gas sudah ditarik maksimal dan mesin mengeluarkan suara yang aneh ketika akan dinyalakan.

Cara Memasang Piston Ke Blok Sepeda Motor

Supaya mempermudah para penggunanya ketika hendak akan memasang piston, para pabrikan termasuk Honda telah memberi tanda pada permukaan piston tersebut. Tanda yang diberikan dapat berupa tanda panah atau tulisan IN. Untuk piston dengan tanda tulisan IN, maka usahakan tulisan IN tersebut mengarah pada lubang masuk atau intake. Jika permukaan piston terdapat tanda panah, maka arah tanda tersebut ke lubang buang atau exhaust. Tapi ada juga tanda atau coakan yang hilang akibat terkikis oleh gesekan dengan menggunakan bor tunner pada saat motor digeber.

Terutama bagi motor yang khusus disetel untuk mengikuti balapan. Tidak sedikit memang mekanik yang dapat memainkan tinggi rendahnya suatu posisi dari kubah piston atau dome, hal tersebut bertujuan supaya dapat menyeimbangkan dengan kompresi yang dihasilkan dan tidak tertahan di klep.

Nah bagi anda yang dalam hal ini memang belum memahami betul mengenai bagaimana cara dalam memasang piston pada honda tiger, maka tinggal lihat saja tanda atau coakan yang terdapat di bagian permukaannya. Cara tersebut terbilang mudah hal ini karena tanda coakan bertulisan IN dan tanda panah memiliki ukuran atau dimensi berbeda satu sama lainnya. Hal ini supaya piston dapat sesuai dengan ukuran dari payung klep yang ada. Nah sampai sini anda sudah dapat memasang piston sendiri, arahkan kepala piston dengan tanda besar ke arah lubang masuk, pada umumnya memang mengarah pada lubang masuk atau intake tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Cara Memasang Piston Ke Blok Sepeda Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Jitu] Cara Memasang Piston Ke Blok Sepeda Motor | admin | 4.5