[Tips Jitu] Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang

[Tips Jitu] Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang – Dalam menjadikan sebuah lampu motor menjadi lebih terang hal ini sebelumnya terbilang mudah sekali, namun tidak boleh dilakukan secara sembarangan atau asal-asalan hal ini karena akan berakibat pada rusaknya komponen-komponen lain dari motor anda.

[Tips Jitu] Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang

[Tips Jitu] Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang

Memang dalam berkendara dimalam hari akan sangat tidak nyaman bila lampu motor menjadi kurang begitu terang pancaran cahanya. Dan ditambah lagi saat melewati jalanan yang rusak, alhasil kita akan dibuat emosi atau buat jengkel bukan. Namun untuk kali ini anda tidak usah khawatir, kami akan mencoba untuk membagikan tips dan trik bagi anda yang sedang mengalami lampu motor yang kurang terang.

Untuk sepeda motor sendiri yang dibekali sistem kelistrikan pada lampu AC “arus bolak-balik” cenderung mengalami permasalahn pada komponen lampunya. Untuk jenis motor yang menggunakan sistem lampu AC misalnya motor matic dan bebek, pada jensi motor sport sekelas tiger, megapro, vixion dan lainnya menggunakan sistem kelistrikan lampu yang berjenis DC “Searah”.

Dalam mambuat lampu motor menjadi lebih terang tidak boleh dilakukan dengan sembrangan atau asl-asalan, perlu adanya perhitungan hal ini karena apabila salah sedikit saja maka akan dapat menimbulkan masalah yang begitu serius pada sistem kelistrikan motor tersebut, apabila memang tidak benar-benar faham lebih baik serahkan saja kepada yang sudah ahli dibidangnya, namun bagi anda yang ingin untuk mencoba membuat lampu motor menjadi lebih terang, kami akan membagikan tips dan triknya.

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang

Untuk tips ini akan membuat lampu motor menjadi lebih terang dari standarnya namun tidak seterang saat memakai lampu HID, hal ini karena jika menggunakan lampu HID maka akan menjadikan aki tersebut menjadi cepat tekor dan tempat dudukan lampu dapat menjadi meleleh akibat terlalu panas. Nah baiklah tidak perlu berlama-lama lagi, simak saja tips dan trik bagaimana cara membuat lampu motor menjadi lebih terang.

  • Bagi motor yang memakai sistem kelistrikan AC, untuk cara yang paling aman dan sederhana ialah dengan mengganti lampu bohlamp dengan watt yang lebih rendah dari standar pabrikan. Yang biasanya apabila lampu bohlamp bawaan memiliki daya 25 watt/12 volt maka anda dapat menggantinya dengan yang lebih rendah yakni lampu yang berukuran 15/10 watt atau 12 volt. Untuk disarankan dalam membeli lampu bohlamp yang berwarna biru.
  • Dan untuk motor yang bersistem kelistrikan DC, cara menjadikan lampu lebih terang ialah dengan mengganti lampu bohlamp dengan berdaya besar dari lampu bawaan atau standarnya. Untuk cara tersebut terbilang aman hal ini karena tidak perlu melakukan langkah modifikasi pada kiprok motor, yang mana kiprok itu sendiri berfungsi untuk merubah sistem ac ke dc lalu membagikannya guna mengisi battery/aki serta untuk membuat lampu menjadi lebih terang. Yang sehingga dengan tidak mengubah kiprok, maka performa kinerja kiprok ke aki tidak bakal menjadi terganggu.

Untuk catatan, dalam hal ini jangan sesekali anda mencoba mengutik-ngatik pada bagian sistem kelistrikan, yang terutama pada komponen kiprok, hal ini karena dari kiprok itu sendiri ialah untuk menjaga kestabilan arus atau tegangan listrik yang dipakai untuk pengisian aki dan penerangan lampu motor. Jadi apabila aliran listrik ke aki tegangannya besar, maka bukan tidak mungkin aki tersebut akan menjadi fatal atau dapat meledak.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang semoga dengan adanya ulasan tersbeut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

[Tips Jitu] Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang | admin | 4.5