Cara Mudah Memilih Oli Mesin Sepeda Motor Terbaik Dan Berkualitas

Cara Mudah Memilih Oli Mesin Sepeda Motor Terbaik Dan Berkualitas – Bagaimana cara dalam memilih oli mesin untuk sepeda motor..?? Oli mesin terbaik dalam hal ini sangat mendukung sekali kinerja kehandalan pada kerja mesin sepeda motor tersebut. Dalam memilih oli sepeda motor yang terbaik dan berkualitas, maka gunakan kualitas oli sepeda motor yang terbaik. Untuk hal ini jangan sembarangan dalam menggunakan oli untuk sepeda motor anda tersebut, lalu bagaimana sebenarnya memilih oli untuk sepeda motor agar mesin motor menjadi awet dan tahan lama. Sebaiknya dalam hal ini jangan sembarangan untuk memilih oli pada kendaraan anda, untuk kualitas atau mutu oli sangat menentukan performa mesin kendaraan terutama motor maupun mobil.

Cara Mudah Memilih Oli Mesin Sepeda Motor Terbaik Dan Berkualitas

Cara Mudah Memilih Oli Mesin Sepeda Motor Terbaik Dan Berkualitas

Karena semakin bertambahnya pengguna kendaraan bermotor, maka kebutuhan oli mesin motor juga semakin meningkat. Hal ini tentunya menarik perhatian para produsen oli untuk meningkatkan kapasitas produksinya. Namun di sisi lain bermuculan pula bermacam merk oli mesin motor yang beredar di pasaran secara bebas.

Dengan begitu banyaknya merk oli motor yang beredar tentu hal ini akan semakin membingungkan anda dalam memilih oli mesin terbaik. Oli mesin yang anda gunakan sangat sekali berpengaruh terhadap kecepatan dan keawetan pada mesin motor anda. Dan pada kenyataannya oli mesin motor yang beredar dipasaran juga tidak dapat terjamin keasliannya. Dengan demikian sangat memerlukan cara yang khusus untuk mendapatkan oli mesin yang asli.

Untuk hal demikian sebagus apapun sepeda motor anda, kalau dalam menggunakan oli mesin palsu tentu akan menjadi cepat mengalami masalah, terutama pada kinerja mesinnya. Mesin pun pastinya akan menjadi cepat oblak hal ini karena gesekan antar logam, yang sehingga pada akhirnya motor anda harus turun mesin meskipun baru digunakan beberapa bulan, apalagi jika mobil bekas yang udah beberapa tahun usianya.

Lalu bagaimana cara dalam membeli oli mesin motor yang benar dan aman, oli motor bagus digunakan jika sesuai dengan kondisi sepeda motor anda. Tentunya setiap produsen sepeda motor selalu merekomendasikan merek oli yang sesuai dengan sepeda motor produksinya. Sebagai contoh sepeda motor merk Honda merekomendasikan merk oli dengan simbol AHM, yang demikian juga dengan pabrikan sepeda motor lainnya seperti motor Suzuki maupun sepeda motor Yamaha.

Oli mesin motor terbaik tidak hanya oili mesin yang rekomendasi pabrikan, diluaran banyak merk oli yang bebas yang bermutu bagus dan pada kenyataannya cukup banyak digunakan oleh pemilik sepeda motor, namun banyak juga yang tertipu dengan merk oli terkenal tapi ternyata palsu. Hal ini yang menjadi kendala cukup serius, memang pada kenyataannya cukup banyak juga merk oli oplosan “palsu” yang dijual mirip dengan merk oli aslinya.

Dalam pergantian oli sepeda motor sebaiknya dilakukan secara berkala, kebanyakan pengguna sepeda motor ganti oli setiap kelipatan 1000 km, atau ganti oli menurut rekomendasi label oli yang anda gunakan. Anda dapat ganti oli motor sendiri, sehingga anda dapat mengetahui mutu oli yang anda gunakan.

Oli motor terbaik sudah barang tentu banyak dicari oleh konsumen, namun bagaimana cara untuk dapat mengetahui bahwa merk oli yang kita gunakan akan bermutu baik. Padahal setiap produsen pasti menyakinkan kita bahwa oli produknya merupakan oli terbaik.

Fungsi Oli Motor Yang Bagus

Untuk oli motor yang bagus harus memiliki beberapa fungsi, yang diantaranya yaitu:

  • Dapat mampu untuk melapisi logam “mesin” kendaraan.
  • Dapat mampu menjaga mesin tidak menjadi aus.
  • Menahan gesekan putaran mesin yang sehingga mesin menjadi lebih awet dan tidak menimbulkan gram-gram lembut.
  • Dapat mampu menjaga kopling tidak slip.
  • Memiliki jarak tempuh yang sesuai dengan label produk.
  • Tidak cepat membuat mesin menjadi panas dan mampu menjaga mesin tetap stabil.
  • Dan mampu menambah kecepatan kendaraan.

Dengan seiring perkembangan teknologi khususnya sepeda motor, maka pada beberapa tahun belakangn ini banyak bermuculan sepeda motor otomatis atau yang biasa sering disebut dengan motor matic. Yang sehingga permasalahan penggunaan jenis oli perlu diperhatikan, karena sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor, bahwa oli untuk mesin motor yang manual berbeda dengan oli motor matic.

Nah dalam hal ini apakah oli motor manual dapat digunakan untuk motor matic dan sebaliknya, kalau kit mengacu pada petunjuk dalam segi perawatan motor yakni tidak bisa dan tidak direkomendasikan. Namun bagi mereka yang senang melakukan percobaan menggunakan oli motor matic untuk motor manual dan sebaliknya tentu berpendapat tidak apa-apa.

Tentunya hal ini bukan suatu kebenaran, yang pada kenyataannya dalam penggunaan jenis oli yang tidak sesuai dengan peruntukannya maka tidak menimbulkan gejala apapun pada awalnya, namun jiak pemakaian untuk jangka panjang sudah pasti akan dapat menimbulkan kerusakan pada mesin.

Oli Yang Direkomendasikan Pada Jenis Sepeda Motor

Oli yang direkomendasikan untuk jenis sepeda motor yang diantaranya yaitu:

Sepeda Motor Manual

  • Motor manual menerapkan teknologi kopling basah.
  • Menggunakan jenis oli dengan kode JASO MA.
  • Oli dengan kode JASO MA mendapatkan tambahan zat adiktif tertentu yang berguna untuk menetralisir kotoran kampas kopling.

Sepeda Motor Matic

  • Motor matic menggunakan teknologi kopling kering.
  • Menggunakan oli dengan kode JASO MB.
  • Oli JASO MB tidak ditambah zat aditif.

Apabila dalam hal ini dipaksakan memang motor manual dapat menggunakan oli dengan kode JASO MB, namun pada putaran tinggi kemungkinan kopling akan slip, hal ini disebabkan oli JASO MB lebih licin dari pada oli JASO MA, hal lainnya suara mesin juga lebih kasar. Dan untuk harga oli motor sendiri sebenarnya cukup murah dan hmpir sama, hanya berbeda beberapa ribu rupiah untuk setiap merk. Namun ada juga merk oli yang harga berbeda jauh, hali ini pastinya sebanding dengan performas oli yang dijanjikan. Nah berikut ini perkiraan untuk harga merk oli pada sepeda motor yang berkembang di pasaran.

Daftar Harga Oli Sepeda Motor

Merk dan Tipe
Ukuran
Harga (Rp)
Shell Oil Advance ultra 4T
1 liter
160.000
Pertamina Fastron 0w-50,API SM
1 liter
140.000
Federal Oil Supreme xx 4T
1 liter
85.000
Motul 5100 ester 4T
1 liter
85.000
Motul 510 power lube 2T
1 liter
75.000
Pertamina Fastron 10w-30, API SM
1 liter
60.000
Pertamina Fastron 10w-40, API SL
1 liter
52.000
Motul 3100 gold 4T
0,8 liter
45.000
Shell Oil Advance VSX 4T
1 liter
45.000
Pertamina Fastron 20w-50, API SL
1 liter
44.000
Pertamina Enduro 4T racing
0,8 liter
38.000
Pertamina Prima XP 10w-40, API SL
1 liter
37.500
Pertamina Prima XP 20w-50, API SJ
1 liter
32.500
AHM MPX 4AT
0,8 liter
32.000
Castrol Oil Active 2T
0,8 liter
31.500
Pertamina Enduro 4T
0,8 liter
31.000
AHM MPX 4T
0,8 liter
29.000
Yamalube Gold 4T
0,8 liter
29.000
Top 1 Oil Action matic 10w-30
0,8 liter
27.000
Yamalube Matic
0,8 liter
27.000
Pertamina Mesran super 20w-50, API SG/CD
1 liter
26.500
Castrol Oil Power 1 4T
0,8 liter
26.500
Top 1 Oil Action plus
0,8 liter
26.500
Castrol Oil Active extra 4T
0,8 liter
26.000
Top 1 Oil Action matic 20w-40
0,8 liter
26.000
Yamalube Silver 4T
0,8 liter
26.000
Repsol Oil Moto 4T
0,8 liter
25.000
Shell Oil Advance SX 4T
0,8 liter
25.000
Top 1 Oil SMO MC 4T
0,8 liter
25.000
Shell Oil Advance SX 2T
0,8 liter
24.500
Repsol Oil Moto super 4T
0,8 liter
23.500
Shell Oil Advance S 4T
0,8 liter
23.500
Pertamina Mesran 40
1 liter
23.000
Evalube Pro syn 4T
0,8liter
22.000
Federal Oil Ultratec 4T
0,8 liter
21.000
Yamalube Gear
9.000

Nb :
Untuk harga diatas merupakan harga terbaru yang untuk saat ini sedang berada dipasaran, namun tidak menutup kemungkinan harga diatas akan sedikit berbeda dengan harga yang terdapat di kota anda.

Menurut dalam penggunaannya oli motor memiliki dua jenis yakni oli motor manual dan oli motor matic untuk motor 4 tak, sedangkan pada motor 2 tak menggunakan 2 jenis oli yakni oli mesin dan oli samping, sudah berang tentu kedua jenis oli tersebut memiliki performa dan kandungan berbeda yang sehingga jangan sampai oli motor matic digunakan untuk motor manual dan sebaliknya.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Memilih Oli Mesin Sepeda Motor Terbaik Dan Berkualitas semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Cara Mudah Memilih Oli Mesin Sepeda Motor Terbaik Dan Berkualitas | admin | 4.5