Inilah Perawatan Honda Verza Agar Performa Tetap Prima

Inilah Perawatan Honda Verza Agar Performa Tetap Prima “Untuk Perlu Diketahui”

Inilah Perawatan Honda Verza Agar Performa Tetap Prima – Dalam hal ini Honda Verza ialah salah satu sepeda motor buatan pabrikan terkenal yakni Honda yang telah didukung dengan mesin yang memiliki kapasitas yakni 150 cc SOHC fuel injection. Motor ini memiliki beberapa kelebihan, seperti hemat bahan bakar, kaki-kaki dual shock di bagian belakang yang ampuh untuk dapat membawa beban yang berat dan harga yang terbilang cukup terjangkau.

Namun dengan seiring pemakian, Hodan Verza juga sangat membutuhkan dalam segi perawatan, sama halnya seperti pada motor yang umumnya, agar hal demikian ini sepeda motor selalu dalam kondisi yang prima. Nah adapun yang perlu diperhatikan dalam perawatan pada Honda Verza, untuk lebih jelasnya simak uraian dibawah ini.

Perawatan Honda Verza

Beberapa yang perlu dilakukan diantaranya yaitu:

Servis Motor Setiap 400 KM

Bagi pemilik disarankan untuk dapat melakukan servis motor setipa kelipatan 4.000 KM. Yang dalam hal ini dari pabrikan direkomendasikan tiap 4.000 km, tapi lebih cepat lebih baik, untuk pemakian sehari-hari yang menempuh rute cukup jauh, bisa servis dan ganti oli tiap kelipatan 3.000 KM.

Penggunaan Oli Mesin

Dalam penggunaan oli, dalam hal ini untuk olinya cukup 1 liter saja, maka pilihannya ialah AHM Oil MPX-1 dan SPX-1. Bedanya, SPX1 sudah full syntectic, oli ini viskositasnya lebih satbil di suhu yang tinggi dan rendah, yang sehingga penguapan oli tersebut jadi lebih rendah dan juga mampu mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin.

Pemeriksaan Celah Klep

Yang selanjutnya dalam perawatan yakni pemeriksaan celah klep, untuk langkah pertanya ialah dengan membuka cover kepala silinder, bila telah melewati batas toleransi maka harus diatur kembali dengan jarak yakni 0,08 mm untuk IN dan 0,12 untuk yang EX.

Pemeriksaan Busi

Untuk busi Honda Verza ini memiliki kode yakni NGK CPR9EA-9 juga perlu diperiksa secara berkala “Gap businya berada pada jarak 0,8-0,9 mm dan jangan lupa untuk menggantinya tiap kelipatan 8.000 km.

Perhatikan Kualitas Bensi (Bahan Bakar)

Untuk perlu diingat, bensin yang memiliki kualitas buruk atau tidak sesuai dengan anjuran dapat membuat performa Honda Verza menjadi menurun dan pompa bensin menjadi mampat. Endapan di dasar tangki bahan bakar menjadi penyebab mengapa pompa bensi tersumbat. Oleh karenanya dianjurkan untuk menguras tangki setiap kelipatan 10.000 km. Hal tersebut juga berguna untuk dapat mencegah adanya air yang tercampur dalam bensin.

Pemeriksaan Filter Udara

Yang berikutnya ialah bagian filter udara Honda Verza dengan menggunakan filter udara tipe kertas dengan pori-pori rapat dan dilapisi cairan khusus yang disebut viskos. Filter tersebut sangat efektif untuk menangkap debu halus dari udara yang akan masuk ke dalam ruang bakar. Hanya saja filter udara ini tidak dapat dibersihkan. Jika disemprot dengan menggunakan kompresor justru akan dapat merusak cairan viskosnya.

Dalam hal ini “paling hanya dipukul ke lantai untuk dapat merontokkan debu yang menempel tersebut”. Jika sudah terlalu kotor maka dapat langsung diganti, hal lakukan tiap kelipatan 16.000 km atau bisa lebih cepat jika sering melewati kondisi jalan yang berdebu.

Selalu Memperhatikan Bawaan Beban Motor

Apabila anda ialah pemilik yang sering menggunakan motor untuk membawa beban berlebih ada baiknya untuk rutin dalam memeriksa kondisi suspensi belakang, kopling dan gir set. Yang sering membawa beban berat akan membuat gir set cepat kendor jadi harus lebih sering disetel dan dilumasi.

Setel dan atur jarak bebas 25 mm, bila sudah aus alangkah baiknya untuk segera menggantinya dengan satu set. Cara ini dilakukan tentu ada maksud tertentu. Dalam penggantian komponen satu-satu justru akan dapat mempercepat keausan komponen yang baru. Hal tersebut pastinya akan merugikan pemiliknya, satu set gir depan dan belakang ditambah rantai dijual seharga Rp 247 ribu. Dan selian itu kampas kopling pun akan lebih cepat aus karena sering selip kopling demi mencapai torsi dalam membawa beban berat, hal ini wajib dicek juga.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Perawatan Honda Verza Agar Tetap Prima semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Perawatan Honda Verza Agar Performa Tetap Prima | admin | 4.5